Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mowilex Indonesia Kampanyekan Penggunaan Cat Kayu dan Besi yang Aman

Kompas.com - Diperbarui 01/09/2021, 12:36 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu produsen cat di Indonesia, PT Mowilex Indonesia kembali menggelar kampanye positif terkait dengan penggunaan cat yang aman, khususnya cat kayu dan besi.

Melalui kampanye "Mowilex Pasti Aman", PT Mowilex Indonesia mengajak masyarakat, khususnya para penjual atau distributor cat Mowilex, untuk beralih menggunakan cat kayu dan besi yang aman. 

Baca juga: Bahaya Penggunaan Cat Timbal yang Harus Ditinggalkan

Chief Marketing Officer PT Mowilex Indonesia, Anna Y. Wibowo, menyampaikan bahwa kampanye ini adalah bagian dari inisiatif yang berkelanjutan.

"Pada Mei 2019, Mowilex berkomitmen menghentikan produksi cat kayu dan besi yang mengandung timbal di ambang batas 90 ppm (parts per milion atau bagian dari sejuta)," jelas Anna dalam virtual meeting yang diikuti Kompas.com di Jakarta, Selasa (31/8/2021).

Anna mengatakan kampanye ini merupakan gerakan sukarela yang dilakukan perusahaannya walau kadar timbal dalam cat belum diatur pemerintah Indonesia. 

Baca juga: Furnitur Kayu Pudar? Gunakan Cat Susu untuk Membuatnya Tampak Baru

Timbal merupakan logam beracun yang berbahaya bagi manusia apabila terpapar dalam jumlah yang melebihi batas toleransi, terutama bagi anak-anak.

Efek dari timbal ini banyak menimpa keluarga-keluarga di negara yang berpenghasilan rendah atau menengah. Karena itu, penggunaan timbal pada cat benar-benar menjadi hal yang sangat serius.

Meski demikian, masih banyak toko dan distributor cat yang masih menjual atau mempunyai stok produk cat Mowilex kayu dan besi dengan tahun produksi sebelum 2019 sehingga produk cat tersebut masih mengandung timbal di atas 90 ppm. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Cat Susu yang Ramah Lingkungan

Hal ini tentunya tak sejalan dengan apa yang diharapkan PT Mowilex Indonesia. Untuk itu, Mowilex mengajak berbagai toko dan distributor untuk menukarkan produk cat Mowilex kayu dan besi yang lama dengan cat baru yang mengandung timbal di bawah 90 ppm. 

Untuk penukarannya cukup sederhana. Penjual dan distributor hanya perlu mengunjungi website resmi Mowilex Indonesia, https://mowilexpastiaman.mowilex.com/, dan mengisi formulir online yang telah disediakan.

Setelah mengisi formulir, produk cat Mowilex kayu dan besi yang aman akan diantar ke alamat toko atau distibutor, lalu produk cat Mowilex yang lama akan diambil dan dimusnahkan. 

Baca juga: 7 Penyebab Cat Mengelupas, Retak, dan Menggelembung

Kampanye ini tidak akan dipungut biaya dan akan berlaku mulai 1 September-31 Desember 2021.

Terkait dengan cat kayu dan besi yang aman, Anna menuturkan perusahaannya telah melakukan penelitian dan pengembangan cukup. 

Selama dua tahun, Research and Development PT Mowilex Indonesia berhasil mereformulasikan cat kayu dan besi yang aman untuk anak-anak, orang dewasa, atau orang tua. 

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding yang Membuat Kamar Mandi Sempit Tampak Luas

"Langkah kami ini setahun lebih cepat dari yang dicanangkan Global Alliance to Eliminate Lead Paint, organisasi yang dibentuk PBB, WHO, dan program lingkungan," pungkas Anna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com