Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2021, 17:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas yang tertutup sidik jari dan kotoran dapat membuat peralatan tersebut dan tampilan dapu terlihat suram dan tidak menarik. Untuk itu, membersihkan kulkas dengan cepat dapat membuat perbedaan besar pada tampilannya.

Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak hanya sekadar mengelap pintu dan bagian luar kulkas saja, namun Anda harus meluangkan waktu untuk membersihkannya dengan benar, luar dan dalam.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (16/8/2021) beberapa permukaan kulkas dapat rusak oleh produk pembersih, jadi pastikan untuk menggunakan pembersih yang sesuai untuk lapisan akhir pada peralatan Anda.

Baca juga: 10 Bahan Makanan yang Dapat Tahan Lama di Kulkas dan Ruangan

Jika Anda tidak yakin dengan hasil akhirnya, gunakan deterjen ringan untuk membuatnya aman. Berikut beberapa langkah untuk membersihkan bagian luar kulkas.

1. Cabut steker kulkas

Pertama, cabut steker kulkas dan jauhkan dari dinding, jika memungkinkan. Hindari mencabut saluran air ke pembuat es.

2. Gunakan larutan sabun cuci piring dan air

Kemudian, gunakan larutan dasar sabun cuci piring dan air untuk membersihkan permukaan pintu, bagian samping dan bagian atas unit. Lap dan buat busa ringan pada permukaan untuk membantu menghilangkan debu dan kotoran.

Gunakan kain bersih untuk membilas sisa sabun, lalu keringkan kelembapan yang tersisa untuk mengurangi goresan dan noda.

Baca juga: Cara Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas agar Lebih Awet

3. Oleskan produk khusus

Oleskan produk semprot khusus, lap, semir, atau lilin untuk mengembalikan kilau pada permukaan kulkas. Sebagian besar kulkas memiliki kilau alami yang kembali setelah dibersihkan dari debu dan noda, tetapi Anda mungkin memerlukan semir kimia untuk membantu permukaannya terlihat baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com