Kompas.com - 02/08/2021, 08:49 WIB
Ilustrasi tanaman bunga mawar. PIXABAY/CHRISTEL SAGNIEZIlustrasi tanaman bunga mawar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran sebagian besar lebah disambut baik di kebun atau pekarangan rumah karena mereka membantu penyerbukan bunga.

Meskipun demikian, lebah pemotong daun dapat mengkhawatirkan, terutama jika Anda melihat mereka berdengung di sekitar tanaman bunga mawar. Spesies lebah ini membuat lubang di daun dan bunga mawar, membuatnya tampak tidak sehat.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Senin (2/8/2021), semprotan pengendalian hama mungkin berhasil mengusir lebah pemotong daun dari tanaman bunga mawar. Akan tetapi, lebah pemotong daun juga bermanfaat bagi kebun Anda.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Bunga Mawar yang Belum Diketahui

Langkah-langkah perlindungan akan membantu menjauhkan lebah-lebah ini dari tanaman bunga mawar dan mendorong mereka untuk tinggal di area kebun di mana mereka akan menguntungkan tanaman yang lain.

Ilustrasi lebah pemotong daun. PIXABAY/ANNEMARIEVANDAM2311 Ilustrasi lebah pemotong daun.

Berikut ini cara mengusir lebah pemotong daun dari tanaman bunga mawar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, potong batang yang mati atau rusak dari tanaman bunga mawar dengan gunting berkebun. Lebah pemotong daun tertarik pada kayu yang membusuk, lunak atau mati, dan mengeluarkannya dari mawar akan mencegah lebah membuat rumah mereka di dekat bunga mawar.

Kemudian, bungkus tanaman bunga mawar dengan kain tipis. Kain tipis memberikan penghalang antara tanaman dan lebah pemotong daun.

Baca juga: Pakai 5 Bahan Ini agar Mawar Rajin Berbunga

Lebah pemotong daun menggunakan bahan yang mereka kunyah dari tanaman bunga mawar untuk membangun sarang mereka. Jika Anda mencegah mereka bersentuhan dengan tanaman dengan membungkusnya dengan kain tipis, mereka akan menemukan tanaman lain untuk mendapatkan bahannya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.