Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Mendekorasi Kamar Mandi Kecil agar Tampak Luas dan Elegan

Kompas.com - 22/07/2021, 20:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterbatasan ruang sering kali menjadi tantangan sekaligus hambatan saat mendekorasi kamar mandi kecil.

Namun, hal itu tidak harus mempengaruhi gaya dan fungsionalitas dari kamar mandi serta menghalangi untuk mendekorasi kamar mandi semenarik mungkin. 

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding yang Bikin Kamar Mandi Sempit Tampak Luas

Bila berencana melakukan pembaruan di kamar mandi, mulailah dengan membuat denah lantai untuk menentukan dimensi yang harus dikerjakan dan desain apa yang cocok.

Nah, berikut ini lima ide mendekorasi kamar mandi tampak luas dan elegan dilansir dari Homes to Love, Kamis (22/7/2021). 

Baca juga: 5 Tanda Kamar Mandi Perlu Segera Diperbaiki dan Direnovasi

Pertimbangkan penggunaan kamar mandi

Sebelum mengaplikasi ide-ide, pertimbangkan siapa saja yang menggunakan kamar mandi, seberapa sering kamar mandi digunakan, dan apa saja yang dibutuhkan.

"Jika ini adalah kamar mandi keluarga kedua, penyimpanan dan hasil akhir yang lebih tahan lama akan menjadi prioritas utama," kata Darren James dari Interiors By Darren James.

Namun, jika itu kamar mandi tamu atau ruang rias, kemungkinan kamar mandi jarang digunakan. Karena itu, fokusnya lebih menciptakan nuansa atau desain yang lebih mewah. 

Baca juga: 7 Cara Mengurangi Kelembapan di Kamar Mandi

Tambahkan sedikit kemewahan

Proporsi yang lebih kecil dapat menawarkan manfaat besar. Namun, perlu diketahui, meski ruangan kecil, dapat memerlukan anggaran besar.

Tentu dengan anggaran yang besar itu, Anda tak ingin tampilan dan desain kamar mandi tampak biasa saja. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Kamar Mandi Jadi Lebih Aman

Untuk itu, hadirkan sedkit kemewahan di kamar mandi kecil seperti menggunakan rel handuk berpemanas, aksesori cantik, dan lilin aromaterapi untuk menciptakan zona mini yang memanjakan.

Jika kamar mandi hanya digunakan untuk dua orang, rasa keintiman dapat lebih ditekankan dengan menggunakan shower dua kepala dan meja rias dengan fitur yang dipersonalisasi seperti speaker pintar dan pencahayaan LED. 

Baca juga: Dapur dan Kamar Mandi, Mana yang Paling Banyak Kuman?

Ruang penyimpanan penuh gaya

Suzie Dyson dari Omvivo mengatakan berinvestasi pada ruang penyimpanan yang baik dan penuh gaya dapat mengurangi kekacauan visual serta membuat kamar mandi terasa lebih besar.

Dengan segala sesuatu tersimpan di tempatnya, kamar mandi tampak tertata dan lebih kondusif untuk bersantai. 

Baca juga: Jangan Biarkan Exhaust Fan di Kamar Mandi Terlalu Lama Menyala

Tak hanya itu, Anda juga bisa meletakkan cermin di kamar mandi kecil. Cermin adalah cara hebat lainnya untuk menciptakan ilusi lebih banyak di ruang dan mencerahkan kamar mandi kecil.

"Di tempat sempit, Anda selalu ingin memastikan aksesori menawarkan fungsionalitas maksimal dan lemari dengan cermin sangat ideal," kata Belinda Geels dari Reece. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Noda Putih di Lantai Kamar Mandi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com