Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Kloset Mampet yang Harus Diketahui

Kompas.com - 13/07/2021, 13:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset adalah salah satu perlengkapan di dalam kamar mandi yang sering digunakan. Jika kloset dalam keadaan tersumbat, maka akan menyulitkan banyak orang di rumah.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (13/7/2021), memahami penyebab kloset tersumbat membantu Anda mencegah penyumbatan di kemudian hari. Berikut penyebab kloset tersumbat.

1. Kloset aliran rendah

Kloset modern menggunakan berbagai desain aliran rendah yang bertujuan untuk menghemat air. Bentuk awal dari kloset ini mungkin tidak memiliki tekanan yang diperlukan untuk membersihkan kotoran dan saluran pembuangan internal.

Baca juga: Ingin Kloset Tetap Bersih? Begini Caranya

Lihatlah bagian belakang toilet Anda untuk tanggal yang dicap. Jika kloset Anda dibuat pada pertengahan 1990-an, Anda memiliki salah satu dari kloset aliran rendah generasi pertama ini.

2. Membuang barang yang tidak boleh dibuang di kloset

Kloset yang mampet juga bisa diakibatkan seseorang membuang barang-barang yang tidak boleh dibuang di dalamnya, seperti tisu toilet, kapas, dan sebagainya.

Barang-barang ini tidak bisa terurai di dalam kloset dan menyebabkan kloset tersumbat. Untuk itu, bicarakan dengan anggota keluarga, agar tidak membuang barang apapun di kloset.

3. Area perangkap kloset tersumbat

Perangkap kloset adalah area segmen melengkung dari perlengkapan porselen yang terpasang di unit mangkuk bawah kloset. Ini dirancang untuk menahan genangan air dan mencegah gas saluran pembuangan memasuki rumah Anda.

Baca juga: Beragam Penyebab Kloset Mampet

Jika area ini tersumbat karena tidak menyiram kloset dengan benar atau ada barang yang tidak bisa disiram, kloset tidak dapat disiram lagi. Maka dari itu, Anda harus menjaga area ini tetap bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com