Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Bulu Leher Kucing Botak dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 04/07/2021, 12:07 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kucingmu tidak memiliki bulu alias botak pada bagian leher? Jika iya, tentunya ini menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan karena terkait dengan kondisi kesehatan si kucing.

Namun, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan berlebihan. Sebab, dalam beberapa kasus, bulu kucing akan tumbuh dengan sendirinya jika dirawat dengan tepat.

Baca juga: 6 Penyebab Bulu Kucing Rontok yang Perlu Diwaspadai 

Lantas, apa penyebab bulu leher kucing botak atau tidak tumbuh bulu?

Melansir dari Pop Sugar, pada Minggu (04/07/2021), berikut penjelasan mengenai kebotakan pada leher kucing.

Mengapa bagian leher kucing botak atau pitak?

Maureen Kanana Murithi, DVM, juru bicara dokter hewan untuk Hepper, mengatakan salah satu penyebab bagian leher kucing botak atau pitak adalah kalung leher kucing yang terlalu ketat atau sempit.

"Setiap kali kucing berbalik, kalungnya bergesekan dengan kulit, menyebabkan gesekan dan meregangkannya." ujar Murithi.

Baca juga: Bulu Kucing Rontok? Ini Penyebabnya

Gesekan-gesekan tersebut dapat menyebabkan bulu kucing rontok dan terjadi kebotakan. Dalam kasus yang lebih parah atau berlangsung lama, hal ini dapat merusak kemampuan folikel dalam menumbuhkan bulu.

Selain itu, penyebab bulu tidak tumbuh di bagian leher ialah karena alergi atau peradangan. Hal ini ditandai dengan iritasi atau lesi yang terlihat jelas.

Baca juga: Bahaya Mewarnai Bulu Kucing Menurut Dokter Hewan

"Rambut rontok yang dimulai di bawah kerah, tapi kemudian menyebar harus selalu dievaluasi oleh dokter hewan" ujar Jennifer Coates, DVM, seorang penulis, editor, dan konsultan veteriner yang berbasis di Colorado.

Apakah kerontokan bulu di bagian leher ini berbahaya?

Coates menjelaskan, selama kulit terlihat normal, area botak tidak menyebar, dan kucing tidak merasa gatal atau kesakitan, artinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun, dalam beberapa kasus lainnya, trauma kulit yang berkepanjangan dapat menyebabkan kista folikel, yang mungkin perlu diangkat melalui pembedahan.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Bulu Kucing Berubah Warna

Bagaimana cara mencegah atau mengobati kebotakan di bagian leher kucing?

kebotakan pada bagian leher dapat dicegah dengan memastikan kalung terpasang dengan baik. Artinya, kalung kucing harus memiliki ruang cukup antara kerah dan leher kucing setidaknya satu ruas jari sehingga tidak terlalu ketat.

Baca juga: Simak, 13 Penyebab Bulu Kucing Rontok

Selain itu, Coates juga menyarankan untuk menggunakan kalung jenis lainnya. Misalnya, tali yang dipasang di bagian badan sehingga tidak mengganggu pertumbuhan bulu di bagian leher.

Tak hanya itu, sebaiknya, jika kucing sudah mengalami kebotakan, disarankan untuk melepas kalung hingga bulu kucing tumbuh kembali. Biasanya, bulu akan tumbuh dalam waktu singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com