Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjaga Kamar Tidur Tetap Hangat Saat Cuaca Dingin

Kompas.com - 27/06/2021, 18:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim atau cuaca dingin adalah waktu terbaik untuk meringkuk di kamar tidur dan menikmati tempat tidur yang nyaman.

Namun, ini juga merupakan waktu untuk tagihan listrik dan penggunaan pemanas yang lebih tinggi. Sebetulnya, ada beberapa cara menjaga kamar tidur tetap hangat dan nyaman tanpa menyalakan pemanas sesering mungkin. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Cara Merawat AC agar Tetap Dingin dan Tahan Lama

Caranya, cukup mengaplikasikan beberapa trik dekorasi dan teknik pelapisan yang cerdas.

Melansir dari laman Better Homes and Gardens, Minggu (27/6/2021), berikut lima cara menjaga kamar tidur tetap hangat saat cuaca dingin.

Simpan kebutuhan di dekat Anda

Siapkan keranjang cantik untuk menyimpan sandal, kaus kaki wol, pakaian ganti, dan selimut tebal. Letakkan semua benda tersebut di tempat yang mudah dijangkau. 

Baca juga: 8 Cara Menjaga Rumah Tetap Dingin Meski Tanpa AC

Dengan cara ini, anak-anak dapat mengambil sandal atau pakaian ekstra mereka saat meninggalkan kamar dan Anda akan merasa nyaman di tempat tidur.

Tambahkan lapisan selimut

Musim dingin adalah kesempatan sempurna untuk menyelipkan tempat tidur menjadi sesuatu yang sedikit lebih nyaman dan hangat.

Tambahkan beberapa lapis selimut dan bedcover di kasur. Lapisan ekstra ini jelas memberi kehangatan sepanjang malam. Pilih bahan seperti katun, linen organik, serta wol.  

Baca juga: 5 Cara Menambahkan Kehangatan ke Kamar Tidur

Gunakan karpet

Cara menjaga kamar tidur tetap hangat saat cuaca dingin selanjutnya adalah menggunakan karpet.

Jika tinggal di rumah dengan lantai kayu atau keramik, musim dingin adalah waktu tepat untuk berinvestasi pada karpet mewah.

Karpet dengan tumpukan tinggi atau terbuat dari bulu palsu yang diletakkan di sebelah kasur dapat menjaga kaki dan kamar tetap hangat. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Karpet Terbaik untuk Ruang TV

Gunakan botol air panas

Cara satu ini mungkin kuno, tetapi botol air panas yang sederhana dapat membuat Anda tetap hangat, bahkan pada malam yang paling dingin sekali pun.

Letakkan satu botol hangat di tempat tidur untuk memberi kehangatan. Cara ini akan membuat Anda tidur dengan nyenyak seperti bayi. 

Baca juga: 5 Tips Mengatur Kamar Tidur Sempit dan Banyak Barang

Gunakan tirai

Gorden atau tirai adalah salah satu cara menjaga kamar tidur tetap hangat saat cuaca dingin. Lindungi kamar tidur dari embusan angin dingin dengan menggantung tirai antitembus pandang atau tirai berbahan tebal.

Lakukan pula menutup beberapa celah pada pintu dan jendela yang terbuka. Anda akan tidur lebih nyenyak di ruangan yang lebih gelap dan tirai tebal akan menahan angin masuk ke kamar tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com