Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Membuat Rumah Terlihat Mahal dengan Anggaran Minim

Kompas.com - 24/06/2021, 18:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mendekorasi rumah, sering kali menghabiskan banyak biaya, apalagi bila menginginkan dekorasi yang membuat rumah terlihat mahal.

Belum lagi, bila menggunakan jasa desainer interior, yang sudah pasti bakal menambah besar pengeluaran. Untungnya, ada cara mudah mendapatkan tampilan rumah yang mahal tanpa membuat bengkak anggaran. 

Baca juga: 10 Kesalahan Dekorasi di Ruang Kecil yang Harus Dihindari

Dengan beberapa penyesuaian sederhana dan teknik penataan gaya yang strategis, Anda dapat menciptakan tampilan rumah yang terasa mahal dan mewah dengan anggaran terbatas.

Melansir dari laman My Domaine, Kamis (24/6/2021), berikut enam ide dekorasi membuat rumah terlihat mahal tanpa memakan banyak anggaran.  

Baca juga: Deretan Dekorasi yang Efektif Bikin Ruang Makan Jadi Lebih Segar

Pilih variasi warna pada furnitur

Sofa, kursi, bantal sofa, dan gorden yang terbuat dari kain dan tekstur yang sama dapat membuat ruangan terlihat monoton. Ganti bantal empuk dengan berbagai tekstur dan ukuran untuk menambah dimensi dengan mudah.

Bahkan, jika Anda tidak menyukai warna, cukup menambahkan beberapa variasi warna sedikit dari warna netral yang sudah ada dapat menghidupkan ruangan.

Cobalah memilih warna mustard muda, dusty pink, atau lilac lembut jika tidak bisa menggunakan palet yang lebih cerah. 

Baca juga: 5 Tips Dekorasi Ruang Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas

Tingkatkan perangkat keras

Mengganti perangkat keras standar dapat membuat rumah tampak lebih modern dan chic sehingga terlihat mahal.

Cobalah mengganti lemari dapur, meja rias kamar mandi, atau furnitur kamar tidur Anda untuk memberi kehidupan baru pada ruang yang sudah tua. 

Baca juga: 10 Ide Mewujudkan Dekorasi Kamar Tidur Bertema Modern Minimalis

Singkirkan kekacauan

Kekacauan dan kekacauan jelas tidak membuat rumah tampak cantik dan mahal. Memiliki banyak tempat penyimpanan seperti rak buku dapat membantu rumah terlihat tertata dan rapi.

Untuk itu, kurangi aksesori dan barang-barang koleksi di rumah menjadi hanya beberapa saja untuk tampilan yang terasa lebih mahal serta klasik.

Selain itu, menyingkirkan kekacauan di rumah juga dapat membuat Anda merasa lebih baik, baik secara mental maupun fisik. 

Baca juga: 10 Ide Mewujudkan Dekorasi Kamar Tidur Bertema Modern Minimalis

Pasang tirai mencapai plafon

Ide dekorasi membuat rumah terlihat lebih mahal selanjutnya adalah memasang tirai mencapai plafon. Banyak rumah mewah dan mahal memiliki plafon atau langit-langit yang tinggi dan dibanjiri cahaya alami.

Menggantung tirai serta perangkat keras setinggi dan sedekat mungkin dengan plafon, dapat menarik perhatian serta memberikan tampilan ruang yang lebih tinggi sehingga rumah tampak mahal. 

Tambahkan tirai tipis untuk benar-benar melembutkan cahaya yang masuk dan mengisi ruangan dengan kehangatan yang nyaman, tetapi terasa mahal. 

Baca juga: 4 Pilihan Tanaman Bunga untuk Dekorasi di Dalam Ruangan

Gunakan karpet

Karpet tidak hanya menyatukan semuanya, tetapi juga meletakkan fondasi dan benar-benar mengatur seluruh ruangan.

Selain itu, karpet menambahkan kehangatan, tekstur, dan warna yang sangat dibutuhkan. Semakin besar karpet, semakin membuat ruangan dan rumah terlihat mahal atau mewah. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruangan Menggunakan Kursi Taman

Segarkan tampilan pintu

Tambahkan sentuhan drama dengan mengecat pintu, baik pintu depan rumah maupun pintu yang ada di ruangan, adalah salah satu ide dekorasi membuat rumah terlihat lebih mahal.

Hal ini juga dapat mempengaruhi suasana di rumah. Caranya, mengecat ulang pintu untuk tampilan yang sama sekali berbeda. Selain mudah, cara ini tidak membutuhkan banyak biaya serta waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com