Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 18/03/2022, 19:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempatkan tanaman hias di dalam ruangan atau tanaman hias indoor tentu saja akan mempercantik interior rumah Anda. Namun, bagi tanaman, cahaya matahari merupakan aspek penting dalam kehidupannya.

Barangkali ruang tamu atau ruang keluarga Anda tidak terkena cahaya matahari langsung di pagi atau siang hari. Lalu, apakah tanaman hias indoor bisa tetap hidup?

Dikutip dari Real Simple, Jumat (18/3/2022), Anda harus menyesuaikan jenis tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan. Ada banyak tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari langsung, sehingga cocok dijadikan elemen dekorasi rumah.

Baca juga: Tanda-tanda Tanaman Hias Bakal Mati yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari.

Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.

1. Lidah mertua

Sangat toleran terhadap perawatan yang minim, lidah mertua bahkan bisa hidup jauh dari jendela yang terkena cahaya matahari langsung.

Daun runcingnya yang unik dan modern dengan warna beraneka ragam terlihat cantik di pot kecil atau pot besar.

“Sirami ketika lapisan atas tanah benar-benar kering, yang biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga minggu,” jelas Phoebe Poole, pakar tanaman di Weatherlow Florals.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Buah Indoor untuk Mempercantik Ruangan

2. Sirih gading

Merawat sirih gading terlalu berlebihan justru bisa membuat tanaman tersebut mati. Sirih gading pun tidak membutuhkan terlalu banyak cahaya matahari.

“Mereka hampir ingin kelaparan sedikit, jadi biarkan mereka benar-benar kering di antara penyiraman. Saya pikir salah satu alasan mereka hidup dengan sangat baik di lingkungan kantor adalah karena orang-orang lupa menyiraminya," ujar Poole.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com