Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2021, 16:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset menjadi salah satu penyebab bau tak sedap di kamar mandi. Jika dibiarkan terlalu lama, bau akan semakin menguap di kamar mandi dan sulit dihilangkan.

Dilansir dari Hunker, Jumat (11/6/2021), salah satu penyebab bau di kamar mandi tak lain berasal dari urine. Urine yang terus-menerus bersentuhan dengan kloset dapat menimbulkan bau pesing, terlebih bila kloset tidak dibersihkan dengan benar dan teratur. 

Baca juga: Kenapa Kloset Mampet? Kenali 5 Penyebabnya

Untuk menjaga kloset tetap bersih dan menghilangkan bau pesing, Anda bisa menggunakan larutan pembersih untuk memecah enzim dalam urine. Selain itu, disinfeksi area juga dapat menghilangkan bau.

Ada beberapa produk komersial berbahan kimia yang bisa membantu menghilangkan bau urine ini. Namun, menggunakan bahan alami juga tak kalah efektif selain harganya terjangkau. 

Nah, berikut pilihan bahan alami yang dapat menghilangkan bau pesing di kloset

Baca juga: Harus Tahu, Begini Cara Membersihkan Kloset hingga Bersih

Gunakan cuka putih dan soda kue 

Untuk membersihkan kloset, taburkan dua cangkir cuka putih dan satu cangkir soda kue atau baking soda ke dalam kloset dan diamkan selama beberapa 10-15 menit sebelum dibersihkan.  

Isi botol semprot dengan cuka putih 

Setelah itu, isi botol semprot dengan cuka putih, kemudian semprotkan pada bagian atas kloset dan biarkan semalaman. Namun, hindarinya menutupnya. 

Baca juga: Tak Hanya Tisu dan Pembalut, Jangan Buang 13 Benda Ini ke Dalam Kloset

Gosok dengan sikat 

Setelah semalaman, semprot kembali dengan cuka ke bagian dalam kloset dan gosok dengan sikat kloset. Kombinasi baking soda dan cuka dapat menghilangkan bau dan mendisinfeksi bagian dalam kloset.

Namun, untuk pengerjaannya, gunakan sarung tangan karet demi menghindari percikan dari kombinasi bahan tersebut.  

Baca juga: Hilangkan Noda Berkerak di Kloset dengan Bahan Ini

Bersihkan seminggu sekali 

Kemudian, setelah prosesnya selesai, siram kloset dan bersihkan bagian dalam kloset dengan larutan ini setiap seminggu sekali untuk mencegah bau pesing muncul kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com