Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakaian Terkena Noda Keringat? Ini Cara Menghilangkannya

Kompas.com - 28/05/2021, 09:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keringat tak hanya meninggalkan bau, tapi juga noda atau bekas di pakaian. Noda keringat pada pakaian sulit dihindari.

Pasalnya, tubuh sering kali mengeluarkan keringat, terlebih ketika beraktivitas. Tak heran, bila semua orang mengalami masalah ini. 

Baca juga: 3 Bahan yang Ampuh Menghilangkan Noda Keringat pada Pakaian Hitam

Bahkan, meski sudah menggunakan deodoran atau antiperspiran, keringat terkadang masih saja menempel serta meninggalkan bau dan noda pada pakaian. 

“Ini tidak berarti ada orang yang lebih kotor dari orang lain. Semua orang mengalami noda keringat dalam berbagai tingkat,” kata Melissa Maker, pembawa acara Clean My Space di YouTube sekaligus pendiri layanan housekeeping dengan nama yang sama di Kanada. 

Baca juga: 6 Bahan Ini Efektif Hilangkan Noda Deodoran di Pakaian

Munculnya noda keringat pada pakaian tak lain disebabkan keringat itu sendiri. Keringat terdiri atas kombinasi air, garam, lemak, dan protein. Jadi, saat berkeringat, semua ini masuk ke pakaian.

Ditambah, keringat tubuh bercampur dengan bahan tertentu dalam deodoran atau antiperspiran seperti aluminium dan zirkonium. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian

Hal ini dapat merusak pakaian dari waktu ke waktu dan menyebabkan kekuningan karena produk terkonsentrasi di satu tempat serta menggiling ke dalam kain.

Tentu saja, adanya noda keringat pada pakaian, baik pakaian putih maupun berwarna, dapat mengganggu dan merusak tampilan. Bahkan, lantaran cukup sulit dihilangkan, akhirnya pakaian tak lagi dikenakan. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Makeup di Pakaian

Untungnya, menghilangkan bau dan noda keringat di pakaian dapat dilakukan dengan beberapa trik sederhana.

Melansir dari laman Reader’s Digest, Jumat (28/5/2021), berikut ini cara menghilangkan noda keringat di pakaian, baik pakaian putih maupun berwarna. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian

1. Rendam pakaian dengan air hangat untuk mengencerkan noda.

2. Rawat area yang kotor terlebih dahulu menggunakan campuran detergen biasa, cuka putih, atau baking soda dengan air atau hidrogen peroksida.

3. Caranya, masukkan baking soda ke dua gelas air atau hidrogen peroksida. Rendam pakaian selama 20 menit atau semalaman ke dalamnya, tergantung tingkat keparahan noda. 

Baca juga: Cara Membersihkan Aneka Noda di Sarung Bantal Sofa Berbahan Kanvas

Namun, untuk pakaian berwarna, Maker menyarankan mengunakan air sebagai pengganti hidrogen peroksida untuk melindungi warna pakaian menjadi luntur.

4. Setelah itu, cuci pakaian ke dalam cucian bersama pakaian lain dan cuci dengan detergen biasa. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen pada Benda-benda di Rumah

Jika label perawatan menyarankan mencuci dengan air hangat, cuci pakaian memakai air hangat. Jika tidak, cuci dengan air dingin.

Apabila noda masih menempel, ulangi langkah-langkah ini sebelum mengeringkan pakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com