Kompas.com - 25/05/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi mesin cuci SHUTTERSTOCK/EVGENY ATAMANENKOIlustrasi mesin cuci

JAKARTA, KOMPAS.com-- Tak semua rumah memiliki ruang khusus untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Keterbatasan ruang, biasanya menjadi alasan pemilik rumah.

Padahal ternyata ada beberapa manfaat jika kamu memberikan sedikit ruang pada hunian untuk dijadikan ruang laundry di rumah.

Untuk kamu yang ingin mencoba, berikut adalah alasan mengapa sebuah rumah membutuhkan ruang khusus untuk mencuci dan merapikan pakaian. 

1. Membuat area dapur atau kamar mandi jadi lebih rapi

Banyak rumah menempatkn mesin cuci di area dapur atau di kamar mandi. Akibatnya, baju kotor menumpuk di dalam mesin cuci, atau di dalam area dapur dan kamar mandi.

Jika kamu memiliki ruang mencuci sendiri, semua baju kotor akan berada di ruangan ini, jadi dapur dan kamar mandi akan tetap rapi.

Baca juga: Tips dan Trik Mencuci Pakaian Berbahan Halus

 2. Jaga bahan kimia agar aman 

Ruang binatu sangat berguna untuk menyimpan produk pembersih kimia yang dapat berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan. 

Sabun, pemutih pakaian dan pewangi pakaian tak lagi tercecer di kamar mandi atau dapur.

3. Semua yang dibutuhkan ada di satu tempat

Bila kamu memiliki ruang cuci khusus, semua yang kamu butuhkan mulai dari deterjen hingga peniti hingga setrika disimpan di satu tempat.

Kamu tidak lagi perlu mengumpulkan berbagai alat yang dibutuhkan dari area penyimpanan yang berbeda dan merapikannya kemali pun menjadi lebih mudah.

4. Pakaian akan terlihat lebih baik

Pakaian akan semakin rapi, karena kamu tidak perlu pindah ruangan untuk merapikannya. Setelah dicuci, pakaian akan langsung disterika dan dilipat di tempat yang sama.

Terlebih, memiliki ruang cuci sendiri akan membuat kamu merasa nyaman mermpungkan pekerjaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.