Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2021, 13:16 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Idul Fitri menjadi momentum bagi setiap penghuni rumah untuk melalukan kegiatan makan-makan khas Lebaran yang menggugah selera, mulai dari opor ayam, gulai, semur daging, rendang, dan beragam makanan lainnya.

Namun, selesai makan-makan, setiap penghuni rumah dihadapkan pada kegiatan yang rasanya malas atau berat untuk dikerjakan, yaitu mencuci piring kotor yang menumpuk.

Noda dan lemak yang menempel pada piring kotor dari makanan khas Lebaran kemungkinan juga membuat siapa pun akan mengerutkan dahi untuk mau membersihkannya.

Baca juga: Tak Hanya untuk Mencuci Piring, Ini Beragam Manfaat Spons

Namun, ketika hal ini terjadi, jangan terlalu diambil pusing, karena kamu bisa membersihkan piring kotor dengan noda dan lemak memandel dengan lebih mudah.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (13/5/2021), berikut ini cara membersihkan piring kotor yang menumpuk di wastafel dapur saat Lebaran agar terasa lebih mudah.

Tips mencuci piring saat Lebaran

1. Pisahkan Sesuai Jenisnya

Sebelum memulai pembersihan, pisahkanlah terlebih dahulu peralatan makan yang kotor sesuai jenisnya, gelas dengan gelas, piring dengan piring, begitu seterusnya.

Hal ini akan mempermudah proses mencuci dan tidak membuat kekacauan yang lebih banyak.

Baca juga: 7 Cara agar Mencuci Piring Terasa Mudah dan Menyenangkan

2. Rendam ke dalam Air Panas

Noda lemak dan minyak yang menempel adalah masalah utama yang harus dihadapi dalam mencuci peralatan makan sehabis Lebaran.

Cara sederhana untuk menyingkirkannya adalah dengan merendam peralatan makan yang kotor ke dalam air panas yang diberi sabun pencuci piring. Setelah itu, cucilah seperti biasa.

3. Manfaatkan Cuka dan Garam

Apabila terdapat noda makanan yang membandel dan tak mudah disingkirkan, bantuan bahan pembersih lain yang lebih kuat dibutuhkan.

Cuci kembali peralatan makan tersebut dengan campuran cuka dan garam. Selanjutnya bersihkan lagi dengan dibilas air.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com