Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cerdas untuk Menghilangkan Goresan dari Piring Porselen Putih

Kompas.com - 30/04/2021, 11:37 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Piring merupakan bagian dari alat makan utama setiap orang dalam kegiatan makan di pagi, siang, malam, atau kapan pun.

Berfungsi sebagai wadah untuk menyajikan segala macam makanan, umumnya piring terbuat dari bahan kaca, porselen, plastik, logam, dan sebagainya.

Namun, karena digunakan terus menerus setiap hari, piring yang kamu miliki, khususnya piring porselen berwarna putih bisa mengalami goresan atau lecet abu-abu kecil yang tertinggal dari garpu, sendok, hingga pisau.

Baca juga: Bikin Pestisida Sendiri, Pakai Minyak Goreng dan Sabun Cuci Piring

Ketika tampilan piringmu menjadi tidak oke lagi karena adanya goresan abu-abu yang timbul, mungkin kamu tergoda untuk membeli yang baru.

Tapi, jangan terburu-buru untuk menggantinya jika belum pecah, karena kamu dapat mengembalikan piring maupun mangkuk putih kembali ke tampilan aslinya dengan sedikit uang dan usaha yang tidak terlalu besar.

Untuk membuat tampilan piring porselen putih terbebas dari goresan, yang kamu butuhkan hanyalah kain lap atau spons lembut, sedikit air, dan salah satu dari bahan abrasif ringan seperti soda kue atau krim tartar, dilansir dari The Kitchn, Jumat (30/4/2021).

Bagaimana cara menghilangkan goresan dari piring putih?

Entah menggunakan kain lap atau spons, kamu harus membasahinya sedikit agar lembab. Kemudian, tambahkan air secukupnya ke bubuk abrasif pilihanmu untuk membuat pasta.

Baca juga: Tak Hanya untuk Mencuci Piring, Ini Beragam Manfaat Spons

Gunakan spons atau kain lap untuk menggosok pasta di atas piring lecet dengan gerakan melingkar dengan cukup kuat (jangan menekan terlalu keras, sedikit minyak siku akan membantu).

Setelah beberapa saat, goresan dan tanda abu-abu itu akan tampak putih sempurna lagi.

Mengapa ini berhasil?

Goresan kecil di piring putih yang disebabkan oleh peralatan perak tampak abu-abu karena mengumpulkan partikel makanan dan debu.

Jadi, goresan abu-abu yang muncul bukan karena piring putihmu benar-benar berubah menjadi abu-abu di bawah enamel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com