Kompas.com - 07/01/2021, 08:23 WIB
Ilustrasi mencuci piring, wastafel dapur. SHUTTERSTOCK/SUKIYAKIIlustrasi mencuci piring, wastafel dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat selesai memasak dan makan, piring dan peralatan masak yang kotor biasanya telah menumpuk di wastafel untuk dibersihkan.

Dan kegiatan mencuci piring maupun peralatan masak yang kotor merupakan pekerjaan melelahkan dan mungkin membuatmu merasa bosan saat melakukannya.

Namun, saat melakukan pekerjaan rumah tangga satu ini tidaklah selalu membosankan. Kamu bisa mengatasi rasa bosan saat mencuci piring, sehingga membuat pekerjaan ini tidak menjadi beban bagimu.

Baca juga: Simak, Begini Cara Mencuci Piring yang Benar

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (7/1/2021), ada beberapa cara untuk membuat kegiatan mencuci piring dan peralatan masak lainnya terasa mudah dan menyenangkan, berikut di antaranya.

1. Minimalkan jumlah piring yang akan dicuci

Ketahui piring seperti apa yang harus dicuci dan tidak, karena bisa saja ada piring yang tidak kotor malah kamu biarkan untuk dicuci.

Hal ini tentu menjadikan piring yang akan dicuci tampak menumpuk dan membuatmu merasa berat untuk melakukannya.

Jangan repot-repot mencuci barang yang sebenarnya tidak terlalu membutuhkannya, seperti talenan yang sudah digunakan untuk mengiris roti, mangkok berisi sayuran yang dipotong dadu, pisau yang digunakan untuk membuka kemasan, gelas takar, serta alat pengupas sayur.

Baca juga: 5 Alasan Sebaiknya Tidak Lagi Mencuci Piring dengan Tangan

Kecuali ada sesuatu yang mengenai daging, minyak, atau telur, kamu mungkin bisa membilasnya atau menyekanya dengan handuk.

2. Kenakan sarung tangan pencuci piring

Mencuci piring terasa berat bisa saja dikarenakan kamu merasa jijik untuk mengerjakannya. Kamu mungkin tak mau kulit tanganmu bersentuhan dengan segala macam noda.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu menggunakan sarung tangan untuk mengatasi rasa jijik dan tidak membuat kulit tanganmu bersentuhan dengan noda.

3. Dengarkan musik

Cukup setel musik yang kamu suka saat kamu bertugas untuk mencuci piring. Cara ini tentu akan membuat tugasmu lebih mudah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X