Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2021, 18:17 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabel listrik merupakan media yang berguna menyalurkan energi listrik yang terdiri atas isolator dan konduktor. Hampir seluruh rumah yang tersambung dengan jaringan listrik pasti memilikinya.

Namun, karena cukup berbahaya dan bisa menghasilkan setrum, penempatan kabel listrik yang ada di rumah tidak boleh sembarangan. 

Baca juga: Bahaya, Kabel Listrik yang Bersentuhan dengan Furnitur

Selain harus dijauhkan dari pandangan, kabel listrik juga perlu dijauhkan dari permukaan lantai untuk mencegah tersandung dan harus dijaga dalam kondisi baik agar tidak menimbulkan bahaya kebakaran.

Dilansir dari Real Simple, Senin (3/5/2021), berikut ini adalah beberapa tips keamanan kabel listrik dari Komisi Keamanan Produk Konsumen dan Yayasan Keamanan Listrik Internasional. 

Baca juga: 7 Perangkat Elektronik yang Tak Boleh Dicolok ke Stop Kontak Kabel

Jauhkan dari Permukaan yang Dilalui Orang

Jauhkan kabel listrik yang tidak terlindungi dari permukaan lantai yang dilalui orang atau penghuni rumah dan furnitur guna mencegah kabel bergantung, panas berlebih, dan membuat seseorang tersandung.

Jangan Letakkan di Bawah Karpet

Jangan pernah meletakkan kabel di bawah karpet karena ini mencegah kabel melepaskan panasnya dan dapat menyebabkan kebakaran. 

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Listrik di Rumahmu Padam

Jangan Digantung

Jangan biarkan kabel listrik menggantung di mana pun karena cukup berbahaya apabila kabel tertarik ke bawah dan mengakibatkan kerusakan. 

Periksa Kabel Listrik Secara Teratur

Pastikan tidak ada kerutan atau tekanan pada kabel dan jangan memaksanya masuk ke ruang kecil atau di belakang furnitur. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan rusaknya isolasi kabel. Selain itu, hindari menjejalkan terlalu banyak kabel secara bersamaan. Jaga kabel agar tetap longgar. 

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Periksa 7 Peralatan Elektronik Ini

Jangan Ditempel dengan Staples atau Paku

Jangan pernah menggunakan staples atau paku untuk memasang kabel atau bundler kabel ke permukaan seperti alas tiang atau dinding. Mereka dapat melubangi insulasi dan menimbulkan sengatan listrik atau bahaya kebakaran. 

Jangan Membebani Daya Kabel Listrik Ekstensi

Jangan membebani kabel ekstensi (kabel tambahan atau sambungan seperti kabel rol) dengan terlalu banyak peralatan elektronik atau peralatan dengan watt terlalu besar seperti AC, oven microwave, rice cooker, dan sebagainya. 

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mati Listrik

Periksa kapasitas maksimum penggunaan kabel ekstensi serta pastikan jumlahnya tidak melebihi kapasitas itu.

Singkirkan Kabel yang Panas

Ketika kabel listrik terasa panas saat disentuh, stop untuk menggunakannya lagi. Hal ini bisa jadi karena adanya kerusakan yang muncul. Kabel listrik yang normal tidak akan terasa panas saat digunakan mengalirkan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com