Kompas.com - 29/04/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi kutu Unsplash/Erik KaritsIlustrasi kutu

JAKARTA, KOMPAS.com- Gangguan serangga, selain nyamuk dan lalat, di dalam rumah dapat muncul dari kutu busuk yang bersarang. Namun, yang harus diketahui adalah kutu busuk tidak hanya hidup di tempat tidur saja.

Dilansir dari apartementtherapy, Kamis (29/4/21), kutu busuk tak menyukai kain lembut dengan banyak lipatan dan tempat yang nyaman untuk bersembunyi. Namun, mereka juga menyukai hidup di celah-celah di nat dan laci meja rias Anda. 

Baca juga: 6 Cara Rumahan Atasi Kutu Busuk di Kasur

Kutu busuk dapat dengan mudah menumpang dari satu tempat ke tempat lain melalui barang-barang pribadi. Jadi, sangat penting memeriksanya di ruang baru, terutama saat bepergian,” kata Rick Cooper, Direktur Senior Layanan Teknis di Terminix Commercial.

Berikut ini beberapa tempat tak terduga yang sering menjadi sarang kutu busuk di dalam rumah Anda. 

Baca juga: Tempat Persembunyian Kutu Busuk di Rumah, Koper hingga Laci

Lemari

Kutu busuk suka bersembunyi di tempat-tempat yang lembut, terutama di tempat yang dapat menghindari cahaya matahari. Itu membuat lemari pakaian yang penuh pakaian menjadi tempat sempurna.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tekstil, furnitur berlapis kain, pakaian, tirai dan gorden, dan bantal adalah area yang paling sering dilupakan orang saat menangani kutu busuk,” ucap Harriet Jones, Supervisor Pemeliharaan di Go Cleaners London. 

Baca juga: Simak, Tips Mengusir Kutu Busuk dari Sofa

Untuk mengusir kutu busuk dari lemari, Anda hanya perlu mencuci dan mengeringkan semua pakaian. Untuk barang-barang yang tidak bisa masuk ke pengering, periksa dengan sikat kaku dan periksa sepenuhnya sebelum memasukkannya kembali ke lemari.

Setelah selesai dengan pakaian Anda, lakukan hal yang sama untuk lemari linen atau di mana pun Anda menyimpan seprai. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini Tanda Kutu Busuk Ada di Rumah Anda

Laci 

Setelah memeriksa lemari, periksa laci meja rias dan di mana pun Anda menyimpan kain. “Selain tempat persembunyian di celah-celah kasur, kutu busuk juga sering ditemukan di bingkai dan kepala tempat tidur, nakas, bahkan meja rias Anda, terutama jika memiliki laci,” jelas Kristiana Kripena, pakar pengendalian hama dari InsectCop.net.

Untuk membersihkannya, gunakan sikat gigi atau sesuatu yang serupa. Periksa sudut laci serta bagian dalam dan bawah laci. Berikan perhatian khusus pada tempat-tempat kecil yang biasanya tidak dapat Anda lihat. 

Baca juga: Waspada Kutu Busuk di Kasur, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Pertimbangkan untuk melepas laci ketika membersihkannya jika bisa dilakukan. Kutu busuk dapat bersembunyi di celah-celah kecil sehingga tidak menyisakan ruang yang tidak tersentuh. 

Bingkai Foto 

Kutu busuk juga bersembunyi di tempat-tempat seperti sofa dan kursi, dinding dan langit-langit rumah, mainan anak-anak, hewan peliharaan, gorden, bahkan bingkai foto. 

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih, Bisa Pakai Minyak Nimba 

Rak Buku 

Selanjutnya, Anda harus melakukan pemeriksaan mendalam pada rak buku karena kutu busuk juga senang bersembunyi di tempat tersebut. Keluarkan semua buku dan lihat halamannya.

Buku antik dengan sampul kain sangat rentan untuk dijadikan tempat bersembunyi. Periksa di balik penjilidan jika sudah ada ruang yang terlihat. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X