Kompas.com - 29/04/2021, 04:03 WIB
Ilustrasi kucing sakit Unsplash/Freddie MarriageIlustrasi kucing sakit

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat kucing sebagai hewan peliharaan mengartikan bahwa sang pemilik harus memperhatikan segala kebutuhan dan keadaan kucing peliharaannya tersebut, termasuk mendatangi dokter hewan.

Dilansir dari Reader's Digest, Kamis (29/4/21), meski terlihat sepele, ada beberapa kondisi kucing yang harus segera dibawa ke dokter hewan

Baca juga: 5 Alasan Kucing Bertingkah Aneh dan Cara Menghadapinya

"Jika kucing Anda sakit, Anda mungkin dapat melihat indikasi fisik atau perilaku bahwa inilah waktunya mengunjungi dokter hewan,” kata Daniel Rotman, Pendiri dan CEO PrettyLitter.

Namun, sebagai pemiliki hewan peliharaan, Anda harus mengetahui tanda-tanda yang mengharus kucing dibawa ke dokter hewan. Berikut ini tanda-tandanya.  

Baca juga: Bukan Jorok, Ini Alasan Kucing Saling Mengendus Bokong

Bola Bulu 

Batuk karena bola bulu menjadi hal yang wajar dilakukan kucing, tapi sebenarnya hal ini bisa membahayakan kucing. “Kucing terlalu banyak mengonsumsi bulu dapat mengakibatkan masalah-masalah gastrointestinal dan pencernaan. Untuk mengatasinya, Anda harus membawa kucing ke dokter hewan agar mendapat perawatannya yang tepat," ujar Rotman. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Hal Ini Ditakuti oleh Kucing, Apa Saja?

Perubahan Nafsu Makan

Perhatikan berapa banyak makanan yang dimakan kucing. Jelas, jika nafsu makannya tiba-tiba tampak berkurang atau tidak makan, itu adalah masalah. Jika keadaannya terus-menerus seperti ini, sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan untuk mengetahui penyebabnya. 

Penurunan atau Kenaikan Berat Badan 

Anda harus memastikan berat badan kucing tidak terlalu berfluktuasi, yakni naik atau turun. “Peningkatan berat badan atau penurunan berat badan yang tiba-tiba atau berkelanjutan dapat mengindikasikan suatu masalah,” ucap Rotman. 

Baca juga: Jenis-jenis Tanaman Sukulen yang Beracun untuk Kucing

Untuk menentukan dengan tepat apa masalahnya, mungkin ada baiknya mengunjungi dokter hewan. Rotman menambahkan, untuk kucing yang lebih tua, penambahan berat badan yang signifikan bukanlah hal normal. 

Batuk 

Sama seperti batuk terus-menerus yang bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada manusia, itu juga bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang sakit. Secara khusus, batuk bisa mengindikasikan penyakit saluran pernapasan seperti asma. 

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Demam? Ini Penjelasan dan Cara Menanganinya

Sakit dan Nyeri 

Masalah umum pada kucing, terutama saat mereka bertambah tua, adalah nyeri ortopedi. Sebuah studi yang dilakukan pada 2009 mengevaluasi 100 kucing domestik berusia di atas enam tahun dan melibatkan pengambilan rontgen dari semua sendi utama seperti bahu, lutut, siku, dan lainnya.

Sebanyak 61 persen kucing menderita osteoartritis yang signifikan di salah satu persendian utama mereka. Sayangnya, meskipun lazim, ini adalah sesuatu yang sulit dikenali. 

Baca juga: Kucing Minum Berlebihan? Hati-hati Tanda Berbagai Penyakit

Seiring bertambahnya usia, kucing kemungkinan besar menghadapi nyeri ortopedi dan kemungkinan besar menyembunyikannya dari Anda. Jika melihat tanda-tanda yang jelas bahwa kucing Anda kesakitan, mungkin penyebabnya adalah artritis.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X