Kompas.com - 26/04/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi air bekas cucian beras bermanfaat sebagai pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/THAMKCIlustrasi air bekas cucian beras bermanfaat sebagai pupuk tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com- Pupuk menjadi salah satu komponen penting dalam pertumbuhan dan kesuburan tanaman. Untuk itu, pemupukan penting dilakukan pada semua jenis tanaman. Jenis pupuk pun beragam, bahkan ada pupuk yang memanfaatkan limbah dapur seperti kulit buah dan sayuran, daun teh bekas, hingga air bekas rebusan.

Dilansir dari thestatesman, Senin (26/4/21), memperbaiki dan mengisi kembali tanah secara konstan adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas produktifnya. Anda bisa menggunakan pupuk buatan sendiri dengan memanfaatkan limbah dapur untuk menyuburkan tanaman. 

Baca juga: Cara Melarutkan Pupuk Butiran Menjadi Pupuk Cair

Pupuk buatan sendiri hanyalah bahan organik yang membusuk seperti sisa makanan dan sampah organik lainnya di rumah. Ini adalah cara yang bagus untuk memperbaiki tanah kebun dan meningkatkan nutrisi untuk tanaman. Berikut beberapa limbah dapur yang dapat dijadikan pupuk untuk tanaman. 

Daun Teh Bekas 

Daun teh mengandung ketiga nutrisi besar (NPK) serta beberapa mineral. Meskipun, beberapa unsur hara tersapu habis dengan air, Anda tetap bisa mendapatkan manfaatnya di dalam tanah. Taburkan daun teh bekas di tanah. Bubuk daun teh baik untuk tanaman yang menyukai asam, termasuk mawar dan tomat. 

Baca juga: 6 Pilihan Pupuk untuk Tanaman Bunga, Tidak Cuma Pupuk NPK

Anda juga bisa menambahkan daun teh ke tumpukan kompos . Sementara itu, kantung teh bekas dapat digunakan untuk menutup lubang drainase pada pot. Kantung teh menahan tanah dengan baik dan membiarkan kelebihan air mengalir. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bubuk Kopi Bekas 

Bubuk kopi menambahkan sedikit nitrogen dan mineral ke tanah, menarik cacing, bahkan mencegah siput. Mereka bisa digunakan sebagai mulsa. Keasaman kopi memengaruhi pH tanah dan menetralkan saat kopi membusuk. Jadi, tidak perlu khawatir dengan sifat asamnya. 

Baca juga: Ingin Memilih Pupuk untuk Tanaman Sayuran? Ini Panduannya

Namun hati-hati saat mengaplikasikan lapisannya di atas tanah. Lapisan kopi yang tebal pada lapisan atas tanah dapat menciptakan tanah keras setelah pengeringan yang tidak memungkinkan air untuk melewatinya. Jadi, buatlah lapisan yang tipis. 

Kulit Buah 

Kulit buah dipenuhi dengan potasium dan mineral lainnya. Ini membantu tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Misalnya, kulit pisang kaya akan potasium. Potong kulitnya menjadi potongan-potongan kecil dan cairkan dalam blender dengan menambahkan setengah cangkir air. 

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Memberikan Pupuk Pada Tanaman

Tuangkan larutan ini ke dalam tanah dan biarkan kulitnya membusuk. Anda juga bisa membuang semua kulitnya di atas tanah atau menanamnya di bawah tanah dekat akar. Mawar sepertinya menyukai kulit pisang. Jadi, beri mawar makanan favoritmya untuk membuat mereka berkembang dalam kondisi terbaiknya. 

Kulit Sayuran 

Kulit kentang, sisa makanan hijau, batang brokoli, dan kulit jeruk dapat dengan mudah dibuat kompos. Gali selokan di tanah pot yang saat ini tidak digunakan, buang kulit sayuran tersebut dan tutupi. Kulit sayuran ini akan membusuk dan menambahkan nutrisi ke tanah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X