Kompas.com - 24/04/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi TV LED di ruang keluarga. PEXELS/PIXABAYIlustrasi TV LED di ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga atau living room menjadi area favorit sekaligus ternyaman di rumah untuk berkumpulnya keluarga. Ruangan ini juga kerap menjadi tempat beristirahat dan bersantai setelah seharian beraktivitas. 

Meski terlihat bersih dan nyaman, nyatanya ada sejumlah bakteri, polutan udara, dan alergen yang mengintai di ruang keluarga. Unsur-unsur berbahaya ini dapat menyebabkan sakit perut, pilek dan flu, serta gangguan pernapasan. 

Baca juga: Benda-benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setelah Ada yang Sakit

Menyingkirkan penyebab penyakit ini sangat penting, terlebih bila di rumah terdapat bayi, anak kecil, serta anggota keluarga yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Lantas, benda apa saja di ruang keluarga yang dapat menggangu kesehatan dan menyebabkan sakit? Simak di bawah ini benda-bendanya serta cara mencegahnya dilansir dari The Spruce.

Remot dan Peralatan Elektronik

Remot TV dan AC serta kipas angin gantung disentuh puluhan kali setiap hari. Apakah semua orang di rumah mencuci tangan sepenuhnya setiap kali sebelum menyentuhnya? Tentu saja tidak. Begitu pun remot dan aksesori elektronik lainnya seperti keyboard dan earphone menarik kotoran dan bakteri seperti e-coli dan salmonela. 

Baca juga: 11 Hal di Dapur yang Bisa Membuatmu Sakit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika di dalam rumah ada anggota keluarga yang sakit, tentu ada banyak bakteri menunggu untuk menginfeksi pengguna berikutnya. Karena itu, rutin bersihkan remot dan barang-barang lainnya di rumah yang disentuh menggunakan disinfektan. Bila keluarga yang sakit menyentuh benda tersebut, segera mengelapnya sebelum digunakan orang berikutnya. 

Karpet

Karpet menjadi salah satu benda kotor di rumah lantaran terdapat bakteri, bulu manusia dan hewan peliharaan, dan alergen lainnya yang menempel. Setiap kali kita berjalan atau anak-anak bermain di atas karpet, bahan iritan itu dilepaskan ke udara yang kita hirup. Ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan gangguan kulit. 

Baca juga: Menurut Feng Shui, 3 Benda di Rumah Ini Harus Selalu Bersih

Mengganti karpet lama dengan karpet baru tidak selalu menjadi solusi terbaik untuk mencegah masalah kesehatan. Sebab, karpet baru mengeluarkan sejumlah besar senyawa organik yang mudah menguap dan formaldehida pengawet yang dapat menjadi racun.

Senyawa ini berhubungan dengan masalah pernapasan dan sering kali menyebabkan mimisan.
Untuk itu, bersihkan karpet secara rutin menggunakan penyedot debu yang memiliki filter HEPA, membersihkan karpet kepada profesional setiap beberapa bulan sekali, mengganti karpet, serta memakai karpet berukuran kecil agar minim kotoran dan mudah dibersihkan.  

Pengharum Ruangan

Alih-alih mengharumkan ruangan, semprotan penyegar udara justru berkontribusi menciptakan polusi dalam ruangan. Produk pewangi rumah, lilin aroma terapi, dan beberapa minyak untuk diffuser sering kali mengandung bahan kimia, seperti sulingan minyak tanah, formaldehida, ester, dan alkohol, yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, sakit kepala, serta iritasi mata. 

Baca juga: 5 Cara Efektif untuk Membuat Rumah Tetap Adem Meski Tanpa AC

Untuk mengatasi bau di ruangan, buka pintu dan jendela rumah setiap pagi dan sore hari secara rutin. Bisa pula meletakkan mangkuk berisi soda kue, arang aktif, atau cuka putih suling di sekitar ruangan untuk menyerap bau. Bila ingin aroma wewangian, kamu dapat membuatnya sendiri menggunakan bunga kering, lalu tambahkan minyak esensial.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X