Kompas.com - 19/04/2021, 13:21 WIB
Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, membersihkan kasur bisa menjadi tugas yang cukup sulit, karena kasur adalah barang yang besar dan berat.

Beberapa orang bahkan tidak pernah berpikir untuk membersihkan kasur yang mereka miliki, kecuali ada sesuatu yang tumpah dan menodainya.

Akan tetapi, kasur adalah investasi, jadi ada baiknya kamu harus mengetahui cara merawatnya. Perawatan tetap merupakan kunci untuk menjaga kasur.

Baca juga: Ide Menata Kasur yang Ditempatkan Tanpa Dipan di Kamar Tidur

Melansir laman The List, Senin (19/4/2021), Ahli toksikologi molekuler dari University of Toronto, Rhea Mehta mengatakan bahwa salah satu langkah untuk menjaga kasur dalam kondisi prima, atau furnitur lainnya adalah pembersihan rutin.

"Pembersihan membantu menghilangkan atau mencegah debu, kotoran, kulit mati, hama, dan noda," kata Rhea Mehta kepada Mind Body Green.

Dia juga menyarankan untuk membersihkan kasur jika kamu tidak menggunakan penutup kasur atau alas untuk perlindungan lebih lanjut.

Meski berukuran besar, membersihkan kasur bisa jadi mudah. Ada berbagai cara dan langkah untuk membersihkan kasur, tergantung dari jenis dan bahannya.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Kasur, Cuma 30 Menit

Para ahli menyarankan untuk mengganti sarung bantal setiap 2 hari karena minyak, keringat, dan kotoran menumpuk pada kain. Hal yang sama berlaku untuk kasur, kulit mati, tungau debu, dan kotoran juga menumpuk di atasnya.

Karenanya, pembersihan adalah suatu keharusan. Namun berbeda dengan selimut dan sarung bantal, kamu hanya perlu membersihkan kasur sekitar 2 kali dalam setahun.

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan kasur

Penyedot debu adalah salah satu peralatan rumah tangga terbaik yang pernah dibuat, karena mudah dibersihkan. Tetapi, kamu tidak membutuhkan penyedot debu yang mewah untuk membersihkan kasur.

Menggunakan penyedot debu adalah cara yang cepat, sekaligus cara yang efektif untuk membersihkan kotoran dan kotoran.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X