Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2021, 15:10 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki pertengahan Februari 2021, bencana banjir masih merendam sejumlah pemukiman penduduk di beberapa wilayah di Indonesia.

Banjir yang merendam pemukiman penduduk biasanya mengakibatkan rumah beserta perabotan di dalamnya yang tak terselamatkan menjadi basah hingga rusak akibat terendam air banjir.

Salah satu perabotan rumah yang biasanya sering terendam banjir adalah kasur. Berbeda dengan perabot dari material kayu yang mungkin bisa bertahan dari air, kasur yang terendam banjir adalah hal yang sangat melelahkan untuk dibersihkan.

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Bau Lembab pada Kasur

Karena dinilai sudah rusak dan akan sangat sulit untuk dibersihkan, serta menjadi bau, tidak sedikit orang lebih memilih membuang kasur miliknya yang terendam banjir.

Jika kamu adalah salah satu orang yang terkena banjir dan memiliki kasur yang terendam banjir tapi kamu tak mau membuangnya, maka ada beberapa cara untuk membersihkannya dengan sempurna, dilansir beberapa sumber, Sabtu (13/2/2021).

Kasur yang terendam banjir memiliki masalah yang sama dengan furnitur berlapis kain seperti sofa, yang mana kain dan material di dalam kasur akan menyerap kelembapan dan mendorong pertumbuhan jamur serta bakteri.

Mengingat masalah kesehatan jamur dan bakteri bisa timbul pada kasur basah, beberapa ahli menyarankan untuk membuang kasur apapun yang mengalami kerusakan akibat banjir dalam bentuk apapun.

Baca juga: Ketahui, Umur Kasur Sesuai dengan Jenisnya

Namun, jika kasur terkena air hanya dalam waktu singkat dan jika air banjir itu bersih, kasur masih dapat diselamatkan, berikut langkahnya.

1. Bersihkan permukaan

Hal pertama yang harus dilakukan olehmu pada kasur yang terendam banjir adalah membersihkan permukaan kasur, dan menghilangkan lapisan kotoran.

Kamu dapat menyiramkan air bersih dan menyikat permukaan kasur dengan detergen hingga kotoran yang ada menghilang. Jika dirasa sudah bersih, maka kamu dapat memiringkan kasur agar air sisa yang ada di dalam kasur bisa keluar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com