Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2021, 17:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi alat elketronik terpenting dalam kehidupan sehari-hari, karena fungsinya dapat membuat bahan makanan lebih tahan lama.

Namun, faktanya ada beberapa hal yang membuat kulkas menjadi lebih tidak efektif dan menghabiskan energi yang lebih saat digunakan.

Dilansir dari Compact Appliance, Senin (12/4/2021), ada beberapa cara untuk membuat kulkas bekerja lebih efektif dan menghemat energi, sebagai berikut. 

Baca juga: Hindari Meletakkan 5 Bahan Makanan Ini di Dalam Kulkas

1. Lindungi dari sumber panas tinggi

Untuk menjaga makanan Anda tetap dingin hingga suhu yang sempurna, kompresor bekerja dengan sangat cepat saat berada di dekat sumber panas.

Hal ini tidak hanya menyebabkan kulkas Anda bekerja lebih keras, tetapi juga membuang-buang energi dengan cepat dan bahkan dapat memperpendek masa pakai alat.

Saat mendesain dapur Anda, usahakan untuk menjauhkan kulkas dari kompor, oven, mesin pencuci piring, atau peralatan lain yang dapat menghilangkan panas tingkat tinggi. Selain itu, jauhkan dari sinar matahari langsung dalam waktu lama untuk mencegahnya bekerja secara overdrive.

2. Rapikan gulungan kondensor

Gulungan kondensor kulkas Anda menghilangkan panas dari unit. Jika gulungan besar di bagian belakang atau bawah kulkas mulai berdebu, akan sulit bagi mereka untuk terus beroperasi dengan cara yang efisien sesuai rancangannya.

Baca juga: Mengapa Kulkas Harus Dibersihkan? Ini Alasannya

Jika kumparan ini bekerja dua kali lebih keras dari yang seharusnya, hal itu menyebabkan konsumsi energi yang meningkat yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pada peralatan Anda di masa mendatang.

Untuk memastikan gulungan Anda dibersihkan dengan benar, belilah sikat bulu untuk dengan mudah menghilangkan kotoran yang menumpuk selama bertahun-tahun.

Anda tidak perlu sering membersihkan kumparan, cukup untuk mencegah penumpukan yang memengaruhi kinerja unit.

3. Dinginkan sisa makanan

Dengan membiarkan sisa makanan Anda mendingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, Anda mengurangi jumlah panas yang ditambahkan ke bagian dalam peralatan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com