Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2021, 19:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki manfaat untuk menjaga berbagai bahan makanan tetap segar dan memiliki daya tahan yang panjang, lemari es atau kulkas menjadi alat elektronik yang selalu ada di dalam rumah.

Namun, dilansir dari Reader's Digest, Sabtu (20/3/2021), ada beberapa hal yang akan membuat kulkas menjadi tidak tahan lama dan rusak.

Jika ada kerusakan, makan bahan makanan yang disimpan di dalamnya akan mengalami kerusakan hingga busuk.

Baca juga: Cara Membersihkan Bunga Es yang Menumpuk di Freezer Kulkas

Lantas, apa saja yang membuat kulkas menjadi cepat rusak? Simak ulasannya berikut ini.

1. Abai pembersihan internal

Jika saluran defrost tersumbat oleh puing-puing, atau membeku, air yang menetes dari gulungan akan meluap melalui saluran pembuangan dan menetes ke bagian bawah lemari es Anda.

Hal ini tidak hanya dapat membuat kulkas Anda bekerja terlalu keras, yang menyebabkan umurnya lebih pendek, tetapi juga berpotensi menyebabkan kulkas atau freezer Anda membocorkan air ke seluruh lantai dapur Anda.

Air yang bocor jelas merupakan pertanda Anda harus memeriksakan alat ke alat apa pun. Ini juga merupakan gejala dari beberapa cara Anda memperpendek masa pakai mesin cuci Anda.

Baca juga: Mengapa Bunga Es Muncul di Freezer Kulkas, Apakah Pertanda Rusak?

2. Tidak membersihkan sisa makanan

Remah-remah, bahan makanan, tumpahan lengket, dan bekas makanan yang terjatuh dan tertinggal di paking pintu kulkas dapat merobek atau membuka segel pintu kulkas. Hal ini juga dapat menyebabkan kebocoran sehingga udara dingin akan keluar.

Untuk menjaga lemari es Anda dalam kondisi prima dan berfungsi untuk waktu yang lama, pastikan untuk sering-sering mengelap tepi pintu kulkas.

Saat Anda membersihkan kulkas, lihat apakah Anda telah mengatur rak lemari es dengan cara yang benar untuk menjaga bahan-bahan tetap segar dan menghindari keracunan makanan.

3. Tidak membersihkan kumparan

Kotoran pada kumparan dapat menghentikan kulkas Anda dari menghilangkan panas dengan benar yang berarti bahwa kompresor akan bekerja lebih keras dan lebih lama dari yang dirancang, menggunakan lebih banyak energi dan memperpendek umur kulkas Anda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com