Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Tanaman Mati

Kompas.com - 30/03/2021, 16:35 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman, khususnya tanaman hias, butuh pengetahuan yang mendalam, agar mereka dapat tumbuh sempurna dan bukannya mati.

Namun, terkadang tanaman hias yang sudah susah payah dipelihara dan dirawat malah tumbuh tidak seperti yang diharapkan, sehingga berujung pada kematian.

Jika hal demikian terjadi pada tanaman hias yang kamu miliki, maka ada beberapa hal perlu dilakukan untuk menghentikan kematian pada tanaman hiasmu.

Baca juga: Kenapa Ujung Daun Tanaman Kering dan Berwarna Cokelat? Ini Penyebabnya

Dilansir dari Parenting First Cry, Selasa (30/3/2021), berikut ini 8 hal yang perlu dilakukan untuk menghentikan tanaman hiasmu dari kematian.

1. Hentikan penyiraman berlebih

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa tanaman membutuhkan air untuk bertahan hidup. Tetapi, yang juga harus kamu ketahui adalah bahwa terlalu banyak menyiram air justru berbahaya bagi tanaman.

Saat kamu menyiram tanaman secara berlebihan, air menumpuk di tanah dan tidak mengalir keluar. Kelebihan air ini membuat tanah tetap lembap sepanjang hari yang akhirnya menyebabkan akar membusuk.

Selain itu, terlalu banyak air membuka jalan bagi jamur untuk tumbuh dengan bebas di dalam pot, sehingga memengaruhi kualitas tanah dan laju pertumbuhan tanaman secara keseluruhan. Karena itu, penting untuk menyiram tanaman dengan bijak.

Baca juga: Berapa Kali Harus Menyiram Tanaman Saat Cuaca Panas? Ini Panduannya

2. Periksa tingkat kelembapan

Kelembapan bisa menjadi musuh terbesar tanaman hiasmu, baik kelembapan itu terlalu banyak dan terlalu sedikit.

Dalam kasus tingkat kelembapan yang lebih rendah di luar, jumlah panas di dalam tanaman hias meningkat, menyebabkannya mati lebih cepat.

Oleh karena itu, periksa tingkat kelembapan di lingkungan tanaman hiasmu. Jika kebetulan jumlahnya kurang, maka ubah lokasi peletakkan tanaman hiasmu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com