Kompas.com - 21/03/2021, 20:16 WIB
Ilustrasi ruang keluarga. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah tentu saja harus menjadi sumber kebahagiaan dalam hidup Anda. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan memasukkan energi positif ke dalam rumah.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan feng shui, praktik China kuno yang memetakan keseimbangan energi atau chi, melalui kalkulasi ilmiah. Tujuan feng shui adalah mengundang chi positif ke dalam rumah, sehingga hidup Anda terasa berenergi dan seimbang.

Feng shui adalah cara yang relatif sederhana untuk meningkatkan suasana ruangan di rumah Anda.

Baca juga: Aturan Feng Shui di Kamar agar Tidur Semakin Lelap

Dilansir dari Architectural Digest, Minggu (21/3/2021), berikut adalah beberapa cara sederhana dalam menerapkan feng shui di rumah.

1. Cek posisi titik terkuat di rumah

Dalam feng shui, salah satu prinsip terpenting adalah commanding position atau titik terkuat. Pada dasarnya, ini adalah posisi beberapa perabot penting, misalnya tempat tidur (mewakili Anda), meja (mewakili karier Anda), dan kompor (mewakili kekayaan Anda).

Meskipun Anda mungkin tidak dapat memindahkan kompor, mungkin cukup mudah untuk mengatur tempat tidur dan meja Anda pada posisi yang lebih baik. Hal utama di sini adalah dapat melihat pintu saat menggunakan barang-barang ini, dapatkah Anda melihatnya saat Anda di tempat tidur atau duduk di meja?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda tidak boleh berada menghadap pintu, tetapi juga tidak boleh membelakangi pintu. Semua ini berperan sehingga Anda dapat menerima energi positif yang optimal.

Baca juga: 6 Panduan Feng Shui untuk Pintu Kamar Mandi, Harus Selalu Ditutup

2. Vertikal

Integrasikan beberapa bentuk dan garis vertikal di rumah Anda yang mewakili pertumbuhan dan perluasan. Anda dapat mewujudkannya dengan berbagai cara.

Tambahkan beberapa pencahayaan di mana cahaya bergerak ke atas. Tambahkan pohon ke sudut untuk membuat ruang terasa lebih tinggi.

Jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, letakkan rak buku yang tinggi.

3. Jaga kebersihan

Memiliki terlalu banyak kekacauan di sekitar mungkin tidak akan membantu kejernihan mental Anda, apalagi skema desain interior Anda. Dalam feng shui, kekacauan diyakini memakan ruang berharga yang dibutuhkan energi baru yang masuk.

Sebaiknya biasakan membersihkan ruang kerja Anda setiap hari. Tidak hanya akan membuat stres Anda berkurang, tetapi juga akan menciptakan rasa keteraturan di masa-masa yang kacau balau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.