Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2021, 13:04 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat kucing peliharaan lompat ke sana-sini di dalam rumahmu, mungkin hal itu bukan lagi menjadi pemandangan yang asing bagimu.

Karena lincah gesit, dan memiliki insting yang mumpuni, wajar apabila seekor kucing pandai untuk bisa melompat ke suatu tempat yang ingin mereka jangkau.

Bahkan, seekor kucing dapat melompat hingga ke tempat yang tinggi sekalipun, sehingga tak aneh apabila kamu melihat seekor kucing berada di atas pohon maupun atap rumah dan tempat tinggi lainnya.

Baca juga: Manfaat Makan Rumput Gandum untuk Kesehatan Kucing

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa kucing menyukai tempat tinggi, apa alasan perilaku dan evolusi di baliknya? Apakah itu sifat alami mereka?

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (8/3/2021), pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai alasan kucing menyukai tempat yang tinggi.

Beberapa pakar perilaku kucing untuk membahas alasan di balik preferensi ini, dan bagaimana kamu bisa menciptakan tempat yang aman untuk didaki kucingmu.

Mengapa kucing menyukai tempat-tempat tinggi?

Kucing memiliki kebutuhan naluriah untuk melihat sesuatu dari atas, perilaku yang berakar pada fakta bahwa kucing adalah pemangsa dan pemangsa kecil, kata Pam Johnson-Bennett, seorang penulis dan konsultan perilaku kucing bersertifikat.

Baca juga: 7 Perilaku Aneh Kucing yang Memiliki Arti

Dari sudut pandang yang tinggi, kucing memiliki lebih banyak kesempatan untuk melihat potensi ancaman, dan dapat berfungsi sebagai perlindungan dari hewan yang lebih besar.

“Mereka sering bergantung pada kemampuan mereka untuk dengan cepat memanjat atau melompat ke lokasi yang lebih tinggi untuk menghindari menjadi makanan hewan yang lebih besar berikutnya,” kata Bennett-Johnson.

Kucing yang memiliki akses ke tempat-tempat tinggi akan memberikan keuntungan visual yang lebih besar bagi mereka untuk mengawasi wilayahnya atau bahaya yang mendekat.

Ruang vertikal juga dapat membantu menjaga kedamaian dalam rumah tangga dengan banyak kucing, kata Marilyn Krieger, konsultan dan penulis perilaku kucing bersertifikat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com