Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Kucing Menyukai Tempat yang Tinggi? Ternyata Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat kucing peliharaan lompat ke sana-sini di dalam rumahmu, mungkin hal itu bukan lagi menjadi pemandangan yang asing bagimu.

Karena lincah gesit, dan memiliki insting yang mumpuni, wajar apabila seekor kucing pandai untuk bisa melompat ke suatu tempat yang ingin mereka jangkau.

Bahkan, seekor kucing dapat melompat hingga ke tempat yang tinggi sekalipun, sehingga tak aneh apabila kamu melihat seekor kucing berada di atas pohon maupun atap rumah dan tempat tinggi lainnya.

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa kucing menyukai tempat tinggi, apa alasan perilaku dan evolusi di baliknya? Apakah itu sifat alami mereka?

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (8/3/2021), pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai alasan kucing menyukai tempat yang tinggi.

Beberapa pakar perilaku kucing untuk membahas alasan di balik preferensi ini, dan bagaimana kamu bisa menciptakan tempat yang aman untuk didaki kucingmu.

Mengapa kucing menyukai tempat-tempat tinggi?

Kucing memiliki kebutuhan naluriah untuk melihat sesuatu dari atas, perilaku yang berakar pada fakta bahwa kucing adalah pemangsa dan pemangsa kecil, kata Pam Johnson-Bennett, seorang penulis dan konsultan perilaku kucing bersertifikat.

Dari sudut pandang yang tinggi, kucing memiliki lebih banyak kesempatan untuk melihat potensi ancaman, dan dapat berfungsi sebagai perlindungan dari hewan yang lebih besar.

“Mereka sering bergantung pada kemampuan mereka untuk dengan cepat memanjat atau melompat ke lokasi yang lebih tinggi untuk menghindari menjadi makanan hewan yang lebih besar berikutnya,” kata Bennett-Johnson.

Kucing yang memiliki akses ke tempat-tempat tinggi akan memberikan keuntungan visual yang lebih besar bagi mereka untuk mengawasi wilayahnya atau bahaya yang mendekat.

Ruang vertikal juga dapat membantu menjaga kedamaian dalam rumah tangga dengan banyak kucing, kata Marilyn Krieger, konsultan dan penulis perilaku kucing bersertifikat.


Mereka menunjukkan status mereka hanya dengan bagaimana mereka ditempatkan secara vertikal.

“Status mereka tidak tetap, dan mereka bergiliran berbagi ruang dan bertukar tempat. Itu salah satu cara kucing menunjukkan posisinya dalam hierarki yang fleksibel," jelas Krieger

Tampilan vertikal sering kali dapat mencegah terjadinya perkelahian di antara kucing.

Apabila panas meningkat, kucing juga akan berbondong-bondong ke tempat tinggi untuk tetap hangat, itulah sebabnya kamu mungkin melihat mereka tidur siang di atas pohon kucing, atau lebih sering menemukannya di tempat tinggi selama bulan-bulan yang dingin.

Menyediakan opsi panjat tebing untuk kucingmu

Cara termudah dan teraman untuk membuat opsi memanjat untuk kucing dalam ruangan adalah dengan membeli atau membangun pohon kucing, kata Bennett-Johnson.

Pohon kucing yang kokoh akan memungkinkan kucing untuk memanjat atau melompat ke atas dan pohon dengan banyak tempat bertengger di berbagai ketinggian.

Ini juga memungkinkan kucing yang lebih pemalu atau teritorial memiliki tempat yang hanya menjadi miliknya, dan hanya berisi baunya sendiri.

Selain pohon kucing standar, kamu dapat memasang rak dan tempat bertengger jendela, seperti tempat tidur kucing yang dipasang di jendela atau di sekitar rumahmu. 

Perabotan dan peralatan seperti rak buku tinggi, lemari dan kulkas juga bisa menjadi ruang vertikal yang kokoh, dan elemen arsitektur yang ada di rumahmu (pikirkan kusen jendela lebar) juga bisa berfungsi ganda sebagai wilayah vertikal.

Kamu juga dapat meningkatkan wilayah kucingmu di tempat-tempat tinggi dengan memasang rak yang mengelilingi ruangan. Idealnya, mereka harus ditempatkan pada ketinggian yang berbeda, dan mereka harus mudah dipanjat atau dilompati oleh kucing.

Jika kamu dan kucingmu tinggal di ruangan yang lebih kecil, kamu harus kreatif dan memanfaatkan tempat tinggalmu yang nyaman.

Jika kamu tinggal di unit persewaan di mana kamu tidak diizinkan untuk memasang apapun secara permanen di dinding, carilah pohon kucing portabel yang lebih kecil, atau optimalkan furnitur dan fitur-fitur bawaan rumahmu.


Keamanan kucing yang memanjat tempat tinggi

Untuk memastikan ruang vertikal kucingmu aman, mereka harus kokoh, dan ditutupi dengan bahan anti selip. Mereka juga harus cukup lebar agar kucingmu dapat tidur siang dengan nyaman. Jika kamu memiliki kucing yang lebih tua atau kucing dengan kebutuhan khusus, mereka mungkin memerlukan rak bawah yang mudah diakses.

Jika kamu sedang membangun sesuatu, perhatikan materi yang kamu gunakan. Dengan memahami mengapa kucingmu menyukai tempat-tempat tinggi, kamu akan tahu betapa pentingnya hal itu bagi kesejahteraannya.

Menyediakan ruang yang aman dan cukup di rumahmu untuk kucingmu bermain-main dari atas akan memastikan mereka bahagia dan membantu mereka hidup berdampingan secara damai dengan sesama kucing.

Banyak kucing menyukai tempat tinggi

Kebanyakan kucing senang berada di tempat tinggi. Baik itu rak tinggi, jendela bertengger, atau di atas kulkas, kucingmu mungkin merasa lebih nyaman di bagian atas ruangan tempat ia dapat mengawasi dunia di sekitar dan di bawahnya dengan lebih percaya diri.

Naluri berperan besar dalam menentukan kebiasaan kucing ini. Kucing adalah mamalia pemanjat pohon yang diturunkan dari Proailurus, kucing sejati pertama.

Kucing awal adalah pemburu dan banyak dari mereka tinggal di hutan hujan. Cakar mereka memungkinkan mereka memanjat dengan terampil, melarikan diri ke pohon untuk keselamatan atau memanjat tinggi untuk berbaring menunggu mangsa.

Dengan kata lain, memanjat memiliki nilai kelangsungan hidup dan menjadi terprogram sebagai cara hidup kucing.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/08/130418276/kenapa-kucing-menyukai-tempat-yang-tinggi-ternyata-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke