Kompas.com - 07/03/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi kucing, kucing peliharaan. PIXABAY/MAJA CVETOJEVICIlustrasi kucing, kucing peliharaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit yang menjadi pilihan beberapa orang. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan menjadikan kucing disenangi banyak orang.

Namun, tahukah Anda jika ada beberapa perilaku kucing yang memiliki arti tersendiri?

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (7/3/2021), berikut beberapa perilaku kucing yang sering dilakukan namun memiliki arti tersendiri. 

Baca juga: 4 Cara Menghibur Kucing yang Sedang Depresi

1. Berguling

Saat kucing berguling, ini biasanya menandakan bahwa kucing merasa aman dan mungkin ingin perhatian dari Anda. Kucing Anda juga dapat menandai area tersebut dengan aromanya dengan cara ini, mengklaim ruang Anda sebagai miliknya.

2. Memperlihatkan ekor

Ekor yang terangkat menandakan bahwa kucing Anda merasa aman dan dengan ramah menawarkan kesempatan untuk mengendus bokong.

Saat kucing memperlihatkan ekor kepada Anda, itu seperti memberi pelukan dan ciuman saat menyapa seorang teman.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu mengendus bagian belakang kucing untuk membalas. Sebagai gantinya, Anda bisa membelai kucing atau mencakar di tempat yang paling disukainya.

Baca juga: Benarkah Seekor Kucing Dapat Melihat Hantu?

3. Menutupi kotoran

Kucing biasanya mempelajari etiket kotak pasir dari induknya, dan kucing domestik telah lama didorong untuk menutupi kotorannya. Namun, kucing mungkin membiarkannya tidak terkubur untuk mengklaim wilayah.

4. Menutupi makanan

Jika kucing Anda menutupi makanannya setelah memakan sebagian, itu mungkin merupakan perilaku naluriah karena kucing liar menyimpan makanannya untuk menjaganya tetap aman dari orang lain.

Anak kucing atau kucing Anda mungkin akan menggaruk-garuk mangkuk makanannya setelah makan atau bahkan menemukan kertas robek untuk menutupinya.

5. Makan rumput

Kucing adalah karnivora, tetapi mereka juga sering menikmati sedikit nutrisi dari rumput dan tanaman hijau lainnya. Di alam liar, mereka akan mendapatkan nutrisi tersebut dengan memakan isi usus mangsanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X