Kompas.com - 04/03/2021, 07:35 WIB
Ilustrasi es batu. PIXABAY/PUBLIC DOMAIN PICTURESIlustrasi es batu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan es batu sebagai pendingin minuman merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh orang banyak.

Namun, terkadang permasalahannya adalah ketika es batu dimasukkan ke dalam minuman memiliki bau yang tidak sedap dan hal ini merusak rasa minuman tersebut.

Dilansir dari Hunker, Kamis (4/3/2021), jika Anda merasakan ada yang aneh dengan rasa es batu, artinya Anda harus membersihkan freezer dengan baik. Mulailah dengan mencari tanda-tanda makanan tumpah atau busuk.

Baca juga: 5 Manfaat Es Batu, Bisa Luruskan Pakaian yang Kusut

Bersihkan tumpahan yang Anda temukan dan buang makanan yang telah membusuk, karena hal ini akan menyebarkan bau di dalam freezer sehingga menyebabkan es batu berbau.

Ingatlah untuk memeriksa lemari es, serta freezer. Bau makanan yang mengganggu dari lemari es Anda dapat dengan mudah berpindah ke freezer dan mencemari es batu Anda.

Bahkan jika Anda tidak menemukan sesuatu yang jelas-jelas salah, mungkin inilah saatnya untuk membersihkan lemari es dan freezer Anda dengan kain lembab dan larutan pembersih ringan.

Para ahli merekomendasikan untuk melakukan pembersihan menyeluruh pada freezer tiga hingga empat kali setahun.

Baca juga: Wadah Es Batu Berbau? Begini Cara Membersihkannya

Terlalu Lama

Semakin lama es diletakkan di dalam lemari pembeku atau freezer, semakin besar kemungkinan es untuk mencium bau atau rasa yang aneh. Untuk rasa yang optimal, Anda harus menyimpan es hanya sekitar seminggu.

Jika es bertahan lebih lama dari itu, masukkan ke dalam kantong freezer tertutup untuk melindunginya.

Ganti Baki Anda

Jika es batu yang Anda buat di baki es batu berbahan plastik atau silikon terasa tidak enak, saatnya untuk menggantinya.

Baki es batu dapat bertahan lama, tetapi mineral dari air pada akhirnya akan melapisi dan meninggalkan endapan yang dapat memengaruhi rasa es batu.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X