Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Harus Bepergian, Ini Cara Seru Rayakan Imlek di Rumah

Kompas.com - 11/02/2021, 10:46 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, kegiatan berkumpul dan perayaan berbagai festival saat Imlek tidak bisa lagi dilakukan oleh orang-orang yang merayakannya.

Identik dengan keramaian dan kemeriahan berbagai pertunjukkan, Imlek tahun ini akan terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terlebih adanya pemberlakuan PPKM mikro.

PPKM mikro merupakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang mana bertujuan untuk menekan laju penyebaran Covid-19, sehingga pada perayaan Imlek esok hari orang-orang dihimbau untuk tetap berada di rumah.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Rumah dengan sentuhan Modern untuk Tahun Baru Imlek

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menciptakan nuansa Imlek yang seru dan penuh suka cita bersama orang tersayang walaupun hanya di rumah, karena ada banyak cara agar kamu tetap terhibur dan menikmati perayaan Imlek sekaligus liburan.

Dilansir dari Travel China Guide, Kamis (11/2/2021), berikut ini beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat merayakan Imlek dan libur di rumah.

1. Menyapu rumah

Sebelum memasuki Malam Tahun Baru Imlek, orang-orang melakukan penyapuan total di rumah. Orang-orang menyapu lantai, furnitur, dan dinding serta membuang sesuatu yang lama, yang berarti menyapu kesialan dan menyambut Tahun Baru.

Namun, pada hari pertama Tahun Baru Imlek, menyapu rumah tidak pernah disarankan karena itu berarti menyapu keberuntungan dan kekayaan Tahun Baru.

Baca juga: 10 Pilihan Tanaman Hias untuk Dekorasi Rumah Saat Tahun Baru Imlek

2. Belanja tahun baru

Berbelanja harus menjadi salah satu kegiatan Tahun Baru Imlek yang termegah hampir 10 hari sebelum Malam Tahun Baru Imlek.

Meski kegiatan berbelanja biasanya dilakukan secara langsung di pusat perbelanjaan dan pasar, kamu masih tetap bisa berbelanja secara online.

Sekarang menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja online demi kenyamanan, sementara perusahaan e-commerce meluncurkan serangkaian pameran Imlek online tahunan dengan diskon besar.

Orang-orang biasanya membeli pakaian baru, dekorasi merah, daging, dan makanan ringan untuk anak-anak hingga petasan. Selain itu, permen, kacang tanah, dan biji bunga matahari juga wajib ada di daftar belanjaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com