Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Tanaman Disiram di Malam Hari? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 06/02/2021, 09:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyiraman menjadi salah satu faktor utama untuk membuat tanaman tumbuh dengan subur, tanpa penyiraman secara teratur tanaman akan layu dan berakhir mati.

Namun, waktu penyiraman juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Sebab, salah waktu penyiraman akan menyebabkan tanaman layu.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk menyiram tanaman?

Baca juga: Begini Cara Menyiram Monstera Variegata agar Tidak Busuk

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Sabtu (6/2/2021), menyiram tanaman pada siang hari tidak efisien karena matahari dan panas menyebabkan air menguap sebelum tanaman dapat menyerapnya. Sebaliknya, menyiram di pagi hari adalah yang terbaik.

Meskipun tidak ideal, namun Anda bisa mencobanya menyiram tanaman pada malam hari.

Penyiraman pagi terbaik

Penyiraman pada pagi hari memiliki beberapa keunggulan. Angin cenderung lebih tenang, jadi semprotan tidak melayang, dan pada pagi hari suhu lebih rendah berarti Anda kehilangan lebih sedikit dari penguapan.

Penyiraman di pagi hari memberi tanaman kelembapan untuk pertumbuhan yang kuat di siang hari dan mencegah tekanan panas.

Baca juga: Menyiram Tanaman Sebaiknya di Pagi Hari, Ini Sebabnya

Sebaliknya, penyiraman malam hari harus mengatasi sisa panas tanah dari siang hari, tetapi angin mungkin akan mereda, memungkinkan alat penyiram untuk menyemprot di tempat yang seharusnya.

Penyakit

Jika tanaman Anda rentan terhadap serangan jamur dan bakteri, sebaiknya hindari penyiraman malam hari. Penyakit bercak daun jamur dan bakteri menyebabkan kerusakan signifikan pada dedaunan. Salah satu penyebab utama penyakit ini adalah genangan air pada daun.

Air cenderung menguap dari daun di malam hari karena suhu yang lebih rendah. Akibatnya, tanaman tetap basah dan patogen dapat menyerang tanaman yang mengalami stres.

Para peneliti di University of Massachusetts Amherst menyatakan bahwa tanaman sehat tanpa riwayat penyakit jamur atau bakteri dapat disiram dengan aman di malam hari. Tanaman yang terawat baik secara alami melawan patogen penyakit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com