Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2020, 10:17 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pet First

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang, kamu harus bepergian ke suatu tempat dalam jangka waktu yang cukup lama untuk pergi liburan, pulang kampung, bekerja dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, bagi kamu yang memiliki kucing peliharaan, maka mau tak mau teman berbulumu itu tidak bisa diajak dan harus ditinggalkan.

Dalam hal ini mungkin kamu bingung, apakah kucing akan baik-baik saja atau ada bahaya yang bisa terjadi saat mereka ditinggalkan sendirian tanpa penghuni rumah lainnya.

Baca juga: Kenali, 6 Masalah Kesehatan Umum pada Kucing

Dilansir dari Pet First, Jumat (25/12/2020), Kucing domestik yang dikurung di dalam ruangan dapat mengalami kesepian dan frustrasi saat mereka bosan atau ditinggalkan sendirian dalam waktu yang lama.

Namun, sebagian besar kucing tidak memerlukan perawatan khusus jika kamu hanya pergi untuk 1 malam. Tetapi jika kamu berencana bepergian selama 2 hari atau lebih, kamu harus memikirkan betul kondisi kucing kesayanganmu.

Berikut beberapa tip untuk memastikan kucing peliharaanmu tetap aman dan bahagia saat kamu pergi meninggalkannya sementara waktu.

Perawatan di rumah vs penitipan hewan

Jika kucing dibiarkan ditinggal di dalam rumah sendirian, mereka harus dirawat di lingkungan yang biasa mereka gunakan untuk mengurangi stres.

Baca juga: 5 Fakta Kucing Hitam, Diyakini Bawa Hoki hingga Pertemukan Jodoh?

Seorang teman atau pembantu rumah tanggamu yang dapat datang ke rumah saat kamu pergi akan menjadi solusi yang tepat.

Teman atau pembantumu harus mengunjungi rumahmu tidak kurang dari sekali sehari, jika mereka tidak dapat tinggal di sana.

Namun, dua kali adalah waktu terbaik karena memungkinkan pemberian makan dan waktu bermain yang memadai serta kemampuan untuk memantau masalah apa pun yang mungkin timbul dengan kucing peliharaanmu.

Jika penitipan hewan adalah pilihanmu atau satu-satunya pilihan untukmu, pilih fasilitas penitipan hewan peliharaan dengan hati-hati.

Usahakan telah melakukan jadwal kunjungan lebih awal dan pastikan fasilitas penitipan tersebut bersih, berbau segar, dan relatif tenang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com