Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2020, 17:29 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses merawat dan menumbuhkan beragam macam tanaman, seseorang yang membudidayakan atau yang merawat tanaman perlu memberikan pupuk kepada tanaman yang dirawatnya.

Penggunaan pupuk menjadi salah satu faktor penting, di luar dari memberikan air dan sinar matahari pada tanaman. Namun, kenapa tanaman harus diberi pupuk?

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu, (23/12/2020), untuk menanam tanaman sehat yang penuh nutrisi, seseorang yang menanam tanaman perlu memastikan bahwa mereka memiliki tanah yang sehat.

Baca juga: Ingin Tanaman Tubuh Subur? Gunakan Garam Laut Sebagai Pupuk

Tanpa pupuk, alam berjuang untuk mengisi kembali nutrisi di tanah, sehingga inilah menjadi alasan pupuk perlu digunakan. Ketika tanaman dipanen, unsur hara penting dikeluarkan dari tanah, karena mereka mengikuti tanaman.

Analisis yang cermat dan pemupukan tanaman memungkinkan adanya rantai yang menyediakan makanan bergizi bagi makhluk hidup, yakni sebagai berikut.

  • Nutrisi memberi makan tanah
  • Tanah memberi makan tanaman dan tumbuhan
  • Tanaman dan tumbuhan memberi makan hewan dan manusia

Untuk apa pupuk digunakan?

Seringkali, tanaman memiliki sedikit kemungkinan untuk menghindari kekurangan unsur hara tanpa bantuan pupuk.

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

Dalam hal ini, pupuk merupakan sebuah bahan yang terdiri beberapa unsur hara untuk menutrisi tanaman sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Tiga pupuk mineral yang paling umum adalah yang berbasis nitrogen, fosfor, dan kalium. Lalu kamu bisa menggunakan jenis pupuk yang alami seperti fosfat alam, pupuk kandang, pupuk hijau, ataupun kompos, serta yang terbuat dari bahan kimia seperti NPK, ZA, dan urea.

Karena tanaman tidak mampu menyerap nutrisi dari udara secara langsung, tanah adalah satu-satunya alat untuk memperoleh nutrisi penting ini. Jika tanah kekurangan nitrogen, diperlukan pupuk untuk meningkatkan kadar nutrisi.

Konsentrasi besar sumber kalium terjadi jauh di bawah permukaan tanah (seringkali sekitar satu kilometer) dan jauh di luar jangkauan akar tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com