Kompas.com - 24/12/2020, 07:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya buahnya yang mengandung vitamin A,C, dan B6, namun buah pisang juga memiliki manfaat di bagian kulitnya.

Seperti yang dilansir dari Real Living, Kamis (24/12/2020), selain kulitnya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman, kulit pisang bisa membersihkan berbagai perlengkapan rumah, seperti sendok, hingga furnitur.

Berikut beberapa manfaat dari kulit pisang untuk kegiatan pembersihan di rumah.

Baca juga: Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian, Bisa di Mesin Cuci

1. Membersihkan peralatan makan perak

Gunakan blender untuk menghaluskan beberapa kulit pisang hingga menjadi seperti pasta. Setelah jadi, gosok pasta tersebut menggunakan kain lembut ke peralatan perak yang kotor.

Kemudian setelahnya bilas peralatan makan dengan merendam ke dalam baskom berisi air. Lalu keringkan setelah menggunakan air bersih.

2. Membersihan benda berbahan kulit

Kulit pisang dapat membersihkan benda bermaterial kulit seperti jaket, sepatu, dan tas bahkan sofa. Caranya, gosok bagian benda bermaterial kulit menggunakan kulit pisang, ini bisa membuat benda tersebut lebih mengilap.

Kalium dari benda bermaterial kulit akan diserap oleh kulit pisang dan dapat mengurangi bekas lecet.

Baca juga: Simak, Berbagai Manfaat Cuka untuk Membersihkan Pakaian

3. Membersihkan noda tinta 

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk membersihkan noda tinta di beberapa permukaan seperti furnitur dan dinding. Caranya hanya menggosokan kulit pisang ke bagian yang terkena noda.

4. Hilangkan goresan pada disc 

Memiliki disc yang tergores? Hilangkan dengan kulit pisang.

Caranya, gosokkan ke bagian goresan dengan kulit pisang, ini akan menghilangkan noda goresan tersebut. Untuk hasil yang maksimal semprotkan pembersih kaca setelah selesai menggosoknya dengan kulit pisang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.