Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2020, 17:03 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu putih alias coccoidea dan pseudococcoidea adalah salah satu jenis hama bagi tanaman yang termasuk dalam kelompok serangga skala.

Kutu putih dapat ditemukan di seluruh dunia, kecuali di daerah kutub. Mereka lebih menyukai area hangat dan lembab yang menyediakan cukup makanan (tumbuhan).

Dilansir dari beberapa sumber, Senin, (14/12/2020), kutu putih dapat dengan cepat mereproduksi dan menghasilkan kerusakan yang signifikan pada tanaman di kebun dan rumah kaca.

Baca juga: Mengenal Kutu Putih pada Tanaman dan Cara Menanganinya

Mereka juga mengganggu di ladang pada tanaman komersial penting seperti nanas, anggur, tebu, kopi, jeruk dan anggrek, yang memfasilitasi penyebaran berbagai penyakit tanaman.

Mengenai kutu putih, ada beberapa fakta menarik dan penting yang perlu kamu ketahui untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas dengan hama satu ini. Berikut di antaranya.

1. Panjang tubuhnya bisa mencapai 0,1 inci

Mengenai ukuran kutu putih, mereka bisa mencapai panjang 0,04-0,1 inci. Warna tubuh tergantung pada spesiesnya, mereka bisa berwarna putih, abu-abu, kuning, merah muda atau ungu.

2. Bertubuh lonjong

Kutu putih memiliki tubuh lonjong, tersegmentasi tanpa cangkang keras di permukaan. Beberapa spesies memiliki struktur mirip ekor di ujung badan atau filamen yang menimbulkan kesan banyak kaki.

Baca juga: Tanaman-tanaman Ini Bisa Usir Kutu di Halaman Rumah

3. Tubuh terbungkus lilin katun

Kutu putih betina ditutupi dengan lilin katun putih yang bertanggung jawab untuk penampilan seperti tepung, sehingga menjadi nama "kutu putih". Lapisan ini mencegah hilangnya air dari tubuh lunaknya.

Sementara untuk kutu putih jantan terlihat seperti agas. Mereka memiliki sayap, tetapi tidak memiliki mulut (mereka tidak makan).

4. Pemakan tumbuhan

Betina dan kutu putih yang belum dewasa adalah herbivora. Mereka bisa ditemukan di kulit kayu, batang, daun, bunga dan buah.

Kutu putih menggunakan alat mulut seperti jerami yang dirancang khusus yang disebut "stylets" untuk mengekstraksi getah dari jaringan tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com