Kompas.com - 08/12/2020, 08:37 WIB
Ilustrasi tikus shutterstockIlustrasi tikus

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran tikus tidak dikehendaki di rumah. Sebab, tikus dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat-perangkat rumah tangga, memakan makanan, hingga menyebarkan penyakit.

Biasanya, cara ampuh membasmi tikus adalah menjaga agar tikus tidak masuk ke dalam rumah. Namun, bagaimana jika tikus sudah ada di rumah?

Dilansir dari Family Handyman, Selasa (8/12/2020), berikut beberapa cara membasmi tikus di rumah.

Baca juga: Cara Membasmi Tikus yang Bersarang di Plafon Rumah

1. Gunakan perangkap

Wesley Wheeler, pembasmi hama di Bug Lord Pest Control menyatakan, dirinya mengaku lebih suka perangkap tradisional karena murah dan cara membunuhnya tidak dengan kekerasan atau berlebihan.

Perangkap tikus tradisional dengan pegas biasanya akan membunuh tikus secara instan. Adapun perangkap lem menjebak tikus dengan menempelkannya ke perangkap saat masih hidup, menyebabkan tikus mati pelan-pelan.

"Setelah Anda menangkap (hewan pengerat), teruslah menjebak sampai mereka pergi," terang Wheeler.

Ia mengatakan, agar berhasil menangkap tikus, secara rutin gantilah umpan pada perangkap. Anda akan segera melihat tikus memakan banyak makanan yang berbeda, jadi teruslah mencoba umpan yang berbeda di perangkap sampai tikus menghilang.

Baca juga: Usir Semut di Tanaman dengan Lada Bubuk, Begini Caranya

2. Hindari penggunaan racun tikus

Peringatan ini berlaku juga jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di dalam rumah, karena racun tikus sangat berbahaya bagi manusia dan hewan lainnya.

Meskipun efektif dalam membasmi tikus, racun tidak melakukannya dengan cepat. Zachary Smith, dari Smith’s Pest Management merekomendasikan menggunakan perangkap di dalam ruangan daripada racun tikus.

"Sehingga badan tikus dapat dikeluarkan sebelum membusuk dan mengeluarkan bau yang menyengat," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X