Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membasmi Tikus di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran tikus tidak dikehendaki di rumah. Sebab, tikus dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat-perangkat rumah tangga, memakan makanan, hingga menyebarkan penyakit.

Biasanya, cara ampuh membasmi tikus adalah menjaga agar tikus tidak masuk ke dalam rumah. Namun, bagaimana jika tikus sudah ada di rumah?

Dilansir dari Family Handyman, Selasa (8/12/2020), berikut beberapa cara membasmi tikus di rumah.

1. Gunakan perangkap

Wesley Wheeler, pembasmi hama di Bug Lord Pest Control menyatakan, dirinya mengaku lebih suka perangkap tradisional karena murah dan cara membunuhnya tidak dengan kekerasan atau berlebihan.

Perangkap tikus tradisional dengan pegas biasanya akan membunuh tikus secara instan. Adapun perangkap lem menjebak tikus dengan menempelkannya ke perangkap saat masih hidup, menyebabkan tikus mati pelan-pelan.

"Setelah Anda menangkap (hewan pengerat), teruslah menjebak sampai mereka pergi," terang Wheeler.

Ia mengatakan, agar berhasil menangkap tikus, secara rutin gantilah umpan pada perangkap. Anda akan segera melihat tikus memakan banyak makanan yang berbeda, jadi teruslah mencoba umpan yang berbeda di perangkap sampai tikus menghilang.

2. Hindari penggunaan racun tikus

Peringatan ini berlaku juga jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di dalam rumah, karena racun tikus sangat berbahaya bagi manusia dan hewan lainnya.

Meskipun efektif dalam membasmi tikus, racun tidak melakukannya dengan cepat. Zachary Smith, dari Smith’s Pest Management merekomendasikan menggunakan perangkap di dalam ruangan daripada racun tikus.

"Sehingga badan tikus dapat dikeluarkan sebelum membusuk dan mengeluarkan bau yang menyengat," ucapnya.


3. Tutup akses masuk

Tikus selalu mencari makanan dan kehangatan. Jadi, mereka akan mencari cara apa pun.

Jika Anda telah berusaha menjebak dan membasmi tikus, Anda cuma akan buang-buang waktu jika masih ada akses di rumah untuk tikus bisa masuk.

Tikus memiliki tengkorak yang sangat kecil, yang memungkinkannya dapat masuk melalui celah kecil. Lihat ke seluruh rumah Anda, dari atap hingga fondasi, dan tutup semua celah yang Anda temukan.

4. Lindungi makanan

Apakah makanan sisa makan malam masih ada di meja makan keesokan paginya? Ini menjadi undangan untuk tikus yang selalu lapar.

Tutup dan simpan makanan di kulkas, dapur atau di wadah yang dapat ditutup. Hingga saat ini, tikus belum menemukan cara untuk membuka kulkas.

Jika mereka tidak bisa mencium bau makanan, mereka kemungkinan besar akan pindah ke rumah lain di lingkungan.

5. Pelihara kucing

Kucing dapat membantu mengusir tikus. Banyak tikus, meskipun tidak semua, akan menjauh dari rumah tempat mereka bisa mencium bau kucing.

Beberapa jenis kucing adalah “pemburu tikus” alami, yang berburu dan membunuh tikus saat mereka menemukannya.

Namun, kucing bukanlah solusi yang dapat terjamin keberhasilannya. Tikus, yang lebih besar dan lebih lincah di tempat persembunyiannya, cenderung pintar menghindari kucing.

Selain itu, tidak semua kucing adalah pemburu tikus yang hebat. Banyak kucing rumahan kehilangan naluri berburu saat kita memberi makan dan melindungi mereka.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/08/083700376/5-cara-membasmi-tikus-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke