Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memperbanyak Tanaman Dudleya

Bentuk daunnya yang rumit, hampir menyerupai bunga teratai yang mekar, membuat sebagian orang menanam tanaman dudleya untuk menghias ruangan atau halaman rumahnya. 

Tanaman yang berasal dari Amerika Utara ini memiliki kemiripan dengan jenis sukulen lainnya, yaitu echevaria.

Lantaran bentuknya yang mirip, banyak orang sering tertukar antara dudleya dan echevaria. Padahal, keduanya memiliki perbedaan umum.

Dudleya memiliki daun yang relatif lebih tipis dibanding echevaria, sedangkan echevaria memiliki bentuk daun cenderung lebih pendek serta gemuk.

Memiliki rentang usia hingga 100 tahun, tanaman Dudleya dijuluki “Liveforever.” Selain itu, tanamana dudleya memiliki ketahanan cukup kuat dan dapat hidup hampir di segala tempat, seperti pinggir jurang atau bebatuan.

Keuntungan-keuntungan yang dimiliki ini membuat tanaman dudleya layak diperbanyak. Jika telaten, bukan tidak mungkin tanaman dudleya akan menghasilkan rupiah.

Apalagi, cara memperbanyak tanaman dudleya tebilang sederhana dengan metode yang beragam.

Dilansir dari kanal Shuncy, Selasa (27/2/2024), berikut cara memperbanyak tanaman dudleya. 

Menanam dengan benih

Selanjutnya, cara memperbanyak tanaman dudleya adalah menanam benih. Tidak sebatas memperbanyak, metode memperbanyak tanaman dudleya satu ini juga bertujuan  menciptakan varietas baru.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum mengaplikasikan metode ini adalah benih/biji dengan kualitas baik, yang dapat diperoleh dari tanaman dewasa atau pemasok bibit tanaman terpercaya.

Berikut cara memperbanyak tanaman dudleya dengan menanam biji: 

  1. Siapkan media tanam terlebih dahulu. Campuran tanah kering, lumut gambus, pasir kasar, dan perlit cocok untuk menunjang pertumbuhan benih.
  2. Jika media tanam sudah siap, mulailah menanam benih dudleya dengan menguburnya pada permukaan tanah. Hindari mengubur benih terlalu dalam.
  3. Setelah itu, tutupi wadah penanaman dengan plastik tembus pandang dan tempatkan di tempat kering dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Sangat penting  memantau kelembapan tanah. Anda dapat menyiramnya sedikit jika tanah mulai mongering.
  4. Setelah kecambah mulai terlihat, Anda dapat membuka penutup dan tempatkan wadah di tempat kering dan hindari cahaya matahari langsung.
  5. Jika kecambah mulai membentuk daun baru, pindahkan ke dalam media tanam baru.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/27/200000076/cara-memperbanyak-tanaman-dudleya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke