Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mesin Cuci Rusak? Ini Cara Mencuci Pakaian dengan Bak Mandi

Hal ini lanataran mengharuskan Anda mencuci pakaian secara manual alias menggunakan tangan.  

Meski membutuhkan banyak waktu, mencuci pakaian dengan tangan sebetulnya mudah dilakukan. Anda dapat mencuci pakaian di bak mandi atau bathtub dan caranya sama dengan menggunakan mesin cuci. 

Mencuci pakaian memerlukan energi kimia (detergen), energi panas (suhu air), dan energi mekanik (mesin atau orang).

Mencuci pakaian di bak mandi mengikuti aturan yang sama seperti mencuci pakaian di mesin cuci atau menggunakan tangan. Hasil pakaian pun bisa sama bersih. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Minggu (16/12/2023), berikut cara mencuci pakaian dengan bak mandi. 

Bersihkan bak mandi secara menyeluruh dan bilas hingga bersih untuk menghilangkan sisa produk pembersih.

Banyak pembersih bathtub dan shower mengandung pemutih yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pakaian, terutama pakaian berwarna gelap. 

Sortir pakaian

Selanjutnya, cara mencuci pakaian dengan bak mandi adalah menyortirnya. Sortir pakaian kotor berdasarkan warna, yakni putih, warna, warna gelap.

Kemudian, lakukan penyortiran kedua berdasarkan jenis kain. Jangan mencoba mencuci handuk katun tebal dengan blus sintetis ringan.

Bagilah tumpukan yang telah disortir menjadi jumlah yang dapat diatur untuk bathtub. Jangan mencoba mencuci terlalu banyak barang secara bersamaan—dua pasang celana jeans dan dua atau tiga kemeja atau satu set seprai sudah cukup.

Baca label pakaian 

Sebelum mencuci pakaian, bacalah label perawatannya untuk mengetahui berapa suhu air yang harus digunakan, apakah pakaian perlu dicuci secara terpisah karena pewarnanya luntur, dan apakah harus dicuci atau dikeringkan. 

Untuk mengatasi noda terlebih dahulu, cukup gunakan setetes detergen cair atau penghilang noda berbahan dasar enzim.

Gosokkan produk ke noda dengan sikat nilon berbulu lembut atau jari Anda. Diamkan setidaknya selama 15 menit sebelum memasukkan pakaian ke bak mandi. Memberikan waktu bagi produk untuk mulai menghilangkan noda pada serat kain.

Isi bathtub dengan air dan tambahkan detergen

Isi bak mandi sekitar setengah penuh dengan air dingin hingga hangat. Tambahkan hanya satu hingga dua sendok teh detergen cair dan aduk dengan tangan untuk menyebarkan detergen.

Jika menggunakan detergen bubuk, campurkan dengan 236 mililiter air panas untuk memastikan bubuknya larut sepenuhnya sebelum memasukkanya ke bak berisi air.  

Masukkan pakaian kotor 

Masukkan pakaian kotor secara perlahan dan pastikan terendam seluruhnya di dalam air sabun. Kenakan sarung tangan karet jika Anda mau dan gunakan tangan untuk menekan pakaian dengan lembut sehingga pakaian benar-benar basah.

Biarkan pakaian terendam selama 15 menit agar surfaktan dalam detergen memiliki waktu untuk menahan kotoran yang terlepas dari kain.

Aduk pakaian

Cara mencuci pakaian dengan bak mandi selanjutnya adalah mengaduk pakaian di dalam air dengan tangan.

Angkat ke atas dan ke bawah di dalam air. Gosok kain dengan lembut satu sama lain untuk melonggarkan tanah, terutama di area yang sangat kotor, kemudian peras perlahan larutan sabun ke dalam kain. 

Aduk pakaian dalam air bilasan, lalu tiriskan dan ulangi langkah tersebut hingga tidak ada sisa air sabun yang tersisa.

Peras air berlebih dan keringkan pakaian

Terakhir, cara mencuci pakaian dengan bak mandi adalah peras dan keringkan pakaian. Peras sisa air dengan lembut. Jangan memerasnya terlalu keras karena pakaian akan banyak kusut.

Pindahkan pakaian ke rak pengering, jemuran, atau pengering otomatis. Untuk mempercepat waktu pengeringan, letakkan pakaian basah dalam satu lapisan di atas handuk tebal dan dapat menyerap.

Gulung handuk untuk menyerap air. Ulangi dengan handuk kering lainnya sebelum menjemur pakaian hingga kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/16/211700576/mesin-cuci-rusak-ini-cara-mencuci-pakaian-dengan-bak-mandi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke