Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mencegah Lumpur Muncul di Halaman Rumah

Selain itu, halaman rumah yang berlumpur juga bisa menyebabkan risiko terjatuh, baik pada manusia maupun hewan peliharaan. Lumpur yang licin membuat siapa saja yang menginjaknya akan mudah terpeleset, bahkan jatuh. 

Karena itu, jika mendapati halaman rumah berlumpur, segera membersihkannya. 

Dilansir dari My Trugreen Lawn, Sabtu (16/12/2023), penyebab halaman rumah berlumpur adalah kelembapan tinggi, drainase buruk, atau erosi.

Jika air menggenang di halaman rumput, lama-kelamaan lumpur akan terbentuk. Saat terlalu banyak air yang tergenang, rumput akan mati dan menyebabkan terdapat tempat kosong.

Kondisi inilah yang kemudian akan memunculkan lumpur yang kotor dan licin.

Cara mencegah halaman rumah berlumpur

Saat mendapati halaman rumah berlumpur, segera membersihkannya agar tidak menyebabkan masalah yang berkelanjutan.

Namun, hal paling penting adalah mencegahnya agara masalah ini tidak terjadi lagi. Nah, berikut cara mencegah halaman rumah berlumpur. 

  • Atasi genangan air

Penyebab utama adanya lumpur di halaman rumah adalah terdapat genangan air di tanah. Karena itu, genangan air perlu segera diatasi agar tidak terdapat lumpur di halaman rumah. Berikut cara mengatasi genangan air di halaman rumah. 

1. Cek kebocoran

Salah satu penyebab genangan air adalah adanya kebocoran pipa air di bawah tanah. Untuk mengatasi genangan, cek terlebih dulu kondisi pipa air. Jika terdapat pipa bocor, segera perbaiki atau ganti dengan pipa baru.

2. Gunakan talang

Selain kebocoran pipa, genangan air juga bisa terjadi saat musim hujan. Biasanya, disebabkan air dari genteng yang menggenang.

Untuk mencegah masalah ini, sebaiknya pasang talang di atap rumah dan hubungkan ke saluran pembuangan. Dengan demikian, air dari atap rumah tidak akan mengenai halaman rumah.

3. Alirkan air dengan tanggul

Jika memiliki kolam di rumah, gunakan tanggul untuk mengalirkan air ke tempat lain agar air tersebut tidak menggenang di halaman rumah dan menyebabkan halaman berlumpur.

Selanjutnya, cara mencegah halaman rumah berlumpur adalah memperbaiki drainase. Langkah ini perlu dilakukan karena biasanya halaman berlumpur disebabkan drainase yang buruk.

Untuk memperbaiki drainase, tambahkan saluran air, memasang gorong-gorong, dan mengatur aerasi tanah.

  • Mencegah erosi

Penyebab halaman berlumpur lainnya adalah erosi. Namun, erosi bisa dicegah dengan cara membangun tanggul atau penghalang lain yang melawan gravitasi dan mengatur aerasi.

Membangun tanggul dilakukan apabila terdapat bukit atau lereng di halaman rumah. Pada aerasi yang berlereng, bisa ditanami semak atau pohon yang dapat memperlambat lapisan air.

Sementara itu, pengaturan aerasi bisa dilakukan dengan cara mengecek halaman dan memastikan rumput di halaman bisa menutupi tanah dan menahan air hujan.

  • Ratakan halaman

Cara mencegah halaman rumah berlumpur adalah meratakan halaman. Jika halaman rumah miring, air yang mengalir akan menyebabkan lumpur setelah kering.

Setelah meratakan halaman, tambahkan lapisan atas tanah atau tanah baru jika dibutuhkan.

  • Perbaiki tanah di halaman rumah

Memperbaiki tanah di halaman rumah juga menjadi salah satu cara mencegah halaman rumah berlumpur. Tanah liat memiliki kemampuan menyerap air lebih lambat dibanding tanah berpasir.

Jika tanah di halaman rumah terlalu liat atau terlalu berpasir, perlu menambahkan kompos untuk memperbaiki tanah dan menjaga keseimbangan kondisi tanah di halaman rumah.

  • Kendalikan gulma

Gulma menjadi sumber umum munculnya lumpur di rumah. Jadi, sangat penting mengatasi gulma yang tumbuh di halaman rumah.

Cara mengendalikan gulma adalah menyemprotkan herbisida serta memasang mulsa di sekitar pohon atau tanaman lain yang tumbuh di halaman rumah.

Mulsa bisa mencegah terjadinya genangan air saat musim hujan sehingga risiko halaman berlumpur semakin kecil. 

Nah, itu dia sejumlah cara mencegah halaman rumah berlumpur. Jangan mengabaikan hal ini. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/16/183000076/6-cara-mencegah-lumpur-muncul-di-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke