Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Membasmi Laba-laba dari Rumah Secara Alami dan Efektif

Meski tampak menjijikan dan memberi kesan rumah tidak terawat, sebenarnya laba-laba memberikan beberapa keuntungan bagi manusia. 

Laba-laba dikenal sebagai bentuk pengendalian hama alami karena memangsa serangga yang menginvasi rumah dan merusak kebun. Jadi, kehadiran laba-laba di rumah jauh lebih bermanfaat daripada berbahaya. 

Namun, bila laba-laba hadir dalam jumlah banyak dan telah menginvasi rumah, penting segera membasmi laba-laba dari rumah. Pastikan melakukan cara aman membasmi laba-laba tanpa mengganggu keseimbangan ekosistem alami.

Lagi pula, membasmi semua laba-laba di rumah, membuat Anda berisiko menghadapi masalah hama lainnya, seperti masuknya nyamuk dan lalat dalam jumlah besar.

Untungnya, laba-laba adalah salah satu hama yang paling mudah ditangani secara alami. Dengan metode pengendalian laba-laba yang aman dan alami ini, Anda bisa merasa tenang karena mengetahui mengusir laba-laba tanpa bahan kimia berbahaya. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (30/10/2023), berikut cara membasmi laba-laba dari rumah secara alami dan efektif.  

Ketika lampu interior dan eksterior dibiarkan menyala pada malam hari, laba-laba yang mencari sinar matahari akan berbondong-bondong menuju ke arah cahaya untuk menikmati kehangatan. 

Serangga tidak cukup terang untuk menyadari bahwa lampu teras Anda bukanlah matahari. Saat serangga tertarik pada cahaya, laba-laba akan mendatangi serangga tersebut, membuat jaring di kusen pintu dan di sekitar ambang jendela, lokasi orang tidak menaruh curiga  langsung masuk ke dalamnya.

Untuk membasmi laba-laba dari rumah secara alami dan efetif, mulailah mematikan lampu di dalam dan luar rumah pada malam hari. 

Mencegah laba-laba muncul 

Selanjutnya, cara membasmi laba-laba dari rumah secara alami adalah mencegahnya muncul. 

1. Periksa kusen pintu dan jendela Anda, tutup setiap celah atau lubang dengan dempul, atau tutup rapat-rapat dengan sabut baja.

Anda dapat memilih busa semprot jika bertujuan mengusir laba-laba, tetapi jangan berharap busa semprot dapat menutup lubang dari hewan pengerat.

2. Sapu pintu garasi. Pastikan sudut-sudut sapu pintu tidak dikunyah hewan pengerat dan memiliki penutup yang rapat terhadap trotoar.

3. Pinggiran dinding, terutama di ruang bawah tanah, dapat didempul untuk mencegah laba-laba muncul di belakangnya.

4. Terakhir, pertimbangkan memasang kasa dan penutup saluran air di wastafel, bak mandi, dan saluran air di lantai.

Laba-laba tidak akan masuk ke saluran air yang digunakan secara teratur karena air akan menghalanginya. Namun, jika Anda memiliki saluran air yang tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya menutupinya. 

Ini akan menjadi kunci menjauhkan laba-laba dari rumah dalam jangka panjang. Gunakan sapu laba-laba. Ini adalah alat pengendali laba-laba profesional yang melibatkan pemindahan laba-laba, jaring, dan kantung telur dari rumah menggunakan sikat sarang laba-laba bergagang panjang.

Dengan penyapuan laba-laba, Anda tidak hanya menyingkirkan laba-laba dan jaringnya, tetapi juga menyingkirkan dan mengganggu kantung telur, yang mencegah ratusan laba-laba pada masa depan untuk menetas.

Fokuslah melakukan penyisiran laba-laba pada area di sekitar kusen jendela dan pintu, di antara rumah dan vegetasi, di sepanjang selokan, serta dekat pencahayaan eksterior. 

Gunakan penyedot debu di dalam

Terakhir, cara membasmi laba-laba dari rumah secara alami adalah menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu. Ini adalah alat pengendali hama yang hebat.

Dengan menyingkirkan laba-laba dewasa dari dalam rumah sekarang, Anda mengusirnya dalam jangka panjang dengan mengurangi kemungkinan laba-laba tersebut akan merayap dan berkembang biak.

Jika sudah mencoba segalanya dan masih tidak bisa mengusir laba-laba, saatnya berkonsultasi dengan ahli hama tepercaya.

Mereka dapat membantu Anda memecahkan masalah penyebab laba-laba muncul di rumah serta cara mengurangi dan mengusir laba-laba. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/30/093713976/4-cara-membasmi-laba-laba-dari-rumah-secara-alami-dan-efektif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke