Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Produktif, Ini 7 Cara Mendekorasi Ruang Kerja yang Nyaman

Dengan kenyamanan, ini dapat meningkatkan produktivitas dan memotivisi dalam bekerja. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendekorasi ruang kerja yang nyaman.  

Untuk memudahkan Anda menata ruang kerja di rumah, berikut sejumlah cara membuat ruang kerja yang nyaman dikutip dari Decor Matters, Kamis (7/9/2023).

Area ini akan menampung semua peralatan dan aksesori yang dibutuhkan setiap hari.

Idealnya, Anda memerlukan tempat yang minim gangguan serta mempertimbangkan area di rumah yang tidak banyak dilewati sebagai ruang kerja.

Memiliki ruang kerja khusus juga memungkinkan Anda membuat batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi yang lebih baik.

Pilih aksesori kantor yang menyenangkan

Pertimbangkan mengganti aksesori kantor, seperti stapler hitam yang membosankan dengan lebih menarik secara visual.

Salah satu keuntungan bekerja dari rumah adalah memiliki kebebasan memilih aksesori ruang kerja yang diinginkan. Perubahan kecil ini bisa memberikan perbedaan besar di ruang kerja.

Furnitur ergonomis

Kursi dan meja kerja digunakan selama delapan jam atau lebih setiap hari sehingga penting memilih furnitur ergonomis.

Kursi dan meja yang baik dapat memberikan dukungan untuk punggung, kepala, dan lengan sehingga postur tubuh lebih baik sepanjang hari serta menghindarkan Anda dari sakit punggung. 

Contoh lain, dudukan laptop memungkinkan Anda menempatkan monitor sejajar dengan mata sehingga tidak perlu menunduk saat bekerja.

Letakkan barang-barang di area yang telah ditentukan sehingga Anda mudah menemukan barang yang dibutuhkan.

Jika kesulitan menjaga kerapian ruang kerja, pertimbangkan berinvestasi pada penyimpanan. Gunakan label untuk memudahkan menemukan barang yang disimpan dalam laci, wadah, maupun rak.

Jadikan pencahayaan sebagai prioritas

Pencahayaan yang tepat di ruang kerja sangat penting untuk kenyamanan bekerja. Jika memiliki jendela di dekat area kerja, pertimbangkan membiarkan cahaya alami masuk saat bekerja.

Apabila pengaturan tidak memungkinkan pencahayaan alami, pertimbangkan menggunakan lampu baca berkualitas untuk mengurangi ketegangan mata serta menjaga ruang kerja tetap terang.

Tambahkan mood booster

Saat menata dan mendekorasi ruang kerja yang nyaman, pertimbangkan cara-cara sederhana untuk meningkatkan suasana hati, seperti menambahkan pernak-pernik sentimental.

Sebagai contoh, Anda bisa menyalakan lilin beraroma favorit atau menggantung foto hewan peliharaan di dinding. Pertimbangkan hal-hal yang membuat Anda merasa senang hanya dengan melihatnya.

Tambahkan tanaman hias

Menambahkan beberapa tanaman hias adalah salah satu cara mendekorasi ruang kerja yang nyaman dan menenangkan.

Tanaman hias menambahkan elemen alami ke ruang kerja yang dapat meningkatkan fokus dan mengurangi stres.

Jika Anda pemula dalam merawat tanaman, pertimbangkan memulai dengan tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan, seperti sukulen atau tanaman laba-laba.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/07/203500776/bikin-produktif-ini-7-cara-mendekorasi-ruang-kerja-yang-nyaman-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke