Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Menciptakan Taman di Balkon Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Balkon di rumah dapat dimanfaatkan untuk merawat tanaman hias dan taman kecil.

Sebelum memilih tanaman untuk balkon, penting mempertimbangkan kondisi cuaca, seperti jumlah sinar matahari yang diterima, seberapa beranginnya balkon, dan seberapa banyak ruang yang dimiliki. 

ikutip dari Homes and Gardens, Kamis (24/8/2023), berikut cara menciptakan taman di balkon rumah. 

Anda dapat memaksimalkan ruang vertikal dengan menggunakan pot gantung yang dikaitkan ke pagar.

Pilih pot dengan ukuran tepat

Saat merencanakan taman, terutama untuk taman kecil, penting memperhitungkan ukuran pot dan menahan keinginan untuk memenuhi ruang sehingga bisa memberi ruang bagi tanaman untuk tumbuh.

"Pot harus cukup besar untuk menopang ukuran tanaman yang akan ditanam di," kata Jeanine Standard dari Proven Winners, sebuah merek tanaman di Amerika Serikat.

Ia menambahkan, semakin banyak tanaman yang ditambahkan ke pot, semakin besar ukuran pot agar dapat menampung cukup tanah guna menyediakan air yang dibutuhkan tanaman. 

Tentukan jenis tanaman yang cocok

Sebelum mulai menanam, tentukan jenis taman yang ingin dimiliki serta jenis tanaman yang cocok untuk balkon.

Balkon yang mendapat banyak cahaya cocok untuk tanaman musiman, seperti bunga poppy dan petunia atau kebun sayur.

Sementara balkon yang sebagian besar teduh lebih cocok untuk bung,  seperti sweet alyssum.

Jika mendapatkan sinar matahari hampir sepanjang hari, pilih varietas, seperti petunia atau marigold. Namun, jika sinar matahari sulit didapat, primroses dan foxgloves adalah pilihan tanaman yang baik. 

Pertimbangkan kondisi cuaca

Jika balkon cukup tinggi atau berencana membuat taman rooftop, sebaiknya tanaman juga harus tahan terhadap angin kencang.

Tanaman yang berada di dataran rendah lebih kecil kemungkinan untuk patah tertiup angin, seperti begonia dan sukulen. Ini menjadi pilihan baik daripada tanaman tinggi, seperti delphinium.

Jaga tanaman tetap terhidrasi

Penyiram tanaman juga perlu dipikirkan saat menciptakan taman di balkon rumah. Tanaman perlu mendapat penyiraman untuk tumbuh subur dan sehat.  

Pastikan menyiram tanaman secara teratur. Apabila tidak memiliki waktu menyiram tanaman, pilih tanaman yang dapat bertahan tanpa perawatan dan penyiraman rutin. 

Pilih warna yang tepat

Isabelle Palmer, pendiri The Balcony Gardener, mengatakan pilih warna tanaman yang Anda sukai, tapi jangan terlalu mencolok. Batasi palet Anda pada tiga warna berbeda yang cocok satu sama lain. 

Jika ingin membuat taman kecil terlihat lebih besar, Isabelle menyarankan memilih bunga warna terang.

"Bunga berwarna terang benar-benar membuka ruang, jadi letakkan bunga yang paling terang di titik terjauh agar mata Anda tertuju ke luar," tambahnya.

Bereksperimen dengan pot, tanaman, dan ketinggian

Pertimbangkan bagaimana Anda ingin menanam tanaman. Menggunakan pot dan memilih tanaman yang tumbuh secara vertikal lebih memudahkan serta merupakan pilihan populer untuk taman balkon.

Memiliki beberapa keranjang gantung dengan ketinggian berbeda pada dinding kosong dapat menciptakan tampilan bagus serta menjadi fokus utama.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/24/123400676/8-cara-menciptakan-taman-di-balkon-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke