Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menciptakan Kamar Tidur di Apartemen Studio

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda tinggal di apartemen studio, ruangan terbatas bisa menjadi tantangan bila ingin menerapkan desain interior konvensional. Akan tetapi, apartemen studio juga memberi Anda peluang untuk menciptakan ruang yang benar-benar unik.

Namun salah satu kesulitan terbesar adalah mendesain ruang sedemikian rupa sehingga Anda bisa memasak, menonton TV, dan bahkan bekerja dari rumah di ruang yang sama tempat Anda seharusnya tidur.

Jika Anda telah memilih tinggal di apartemen studio, menyiapkan kamar tidur secepatnya sangatlah penting. Meski demikian, memasang dinding belum tentu merupakan pilihan terbaik.

Dikutip dari House Digest, Selasa (8/8/2023), berikut cara menciptakan kamar tidur di apartemen studio.

1. Pasang pembatas dinding

Tips pertama mungkin yang paling penting adalah menciptakan semacam penghalang yang memberikan pemisahan fisik dan individu yang jelas antara ruang kamar tidur dan bagian apartemen lainnya.

Menggunakan pintu geser kemungkinan besar akan membutuhkan kontraktor dan melewati lingkaran birokrasi. Alih-alih, lebih kreatiflah dengan opsi pembatas dinding.

Tirai tidak harus hanya menutupi jendela. Menggunakan rel gorden dan gorden panjang adalah cara terbaik untuk memberikan privasi di malam hari, tetapi dapat dibuka di siang hari untuk membuka kembali ruang.

Jika gorden agak terlalu mahal, pertimbangkan untuk membeli beberapa gulungan kain tebal dan menggunakan selotip dan klem untuk mengubahnya menjadi gorden buatan sendiri.

Opsi pembatas lainnya adalah rak buku. Anda dapat menggunakan rak buku yang tidak memiliki punggung sehingga Anda dapat melihatnya dari kedua sisi apartemen. Ini berarti Anda dapat menambahkan dekorasi yang berdampak pada kedua sisi dan memberi Anda penyimpanan yang bergaya namun fungsional.

Membeli partisi lipat juga merupakan ide bagus, terutama jika Anda ingin memindahkan atau menyimpannya di siang hari.

2. Jangan biarkan furnitur melewati banyak penghalang

Mendapatkan furnitur yang masuk akal secara spasial untuk kamar tidur di apartemen studio bukanlah langkah yang bisa Anda abaikan. Ini bisa sangat rumit.

Tetapi memiliki furnitur yang sesuai dengan tata letak dapat menjadi pembeda antara studio yang terasa nyaman dan nyaman, atau berantakan dan sempit.

Menggunakan furnitur yang lebih kecil sebenarnya bisa membuat ruangan terasa lebih kecil. Alih-alih, pertimbangkan pembagi vertikal sementara itu sebagai permanen dan tetap untuk membantu Anda memaksimalkan ruang.

Misalnya, tata apartemen sehingga tempat tidur berada di zona tersendiri, sebaiknya dengan sedikit ruang berjalan di kedua sisinya.

Kemudian, cari sofa yang bisa duduk setidaknya 30 sampai 60 cm dari kaki atau sisi tempat tidur agar pertemuan sosial tidak terasa berada di zona pribadi Anda.


Hal yang sama berlaku untuk karpet, yakni jangan biarkan melewati batas ruangan. Hal ini memudahkan untuk mengenali kamar tidur secara visual dan psikologis sebagai area terpisah.

3. Berkreasilah dengan dekorasi

Anda dapat melakukan banyak hal untuk membuat zona kamar tidur di apartemen studio dengan dekorasi saja.

Sama seperti Anda telah membuat zona fisik, Anda sekarang perlu memutuskan bagaimana Anda ingin melanjutkannya dengan dekorasi. Pertama, putuskan apa yang Anda inginkan dari palet warna.

Jika Anda menginginkan kamar tidur yang mengalir ke seluruh area dengan mulus, cukup gunakan tiga sampai lima warna untuk digunakan di seluruh apartemen.

Tetapi jika Anda tertarik untuk membuat zona yang lebih berbeda, temukan satu sampai tiga warna warna unik untuk kamar tidur, dan satu sampai dua warna yang akan Anda gunakan di seluruh apartemen sehingga memiliki kohesi.

Cara terbaik untuk menggabungkan warna-warna ini tanpa harus membeli semua furnitur baru hanya dengan keajaiban cat, terutama di dinding.

Pertimbangkan mural berbentuk organik abstrak atau dinding beraksen wallpaper di belakang kepala tempat tidur. Untuk Anda yang menyewa apartemen studio, pertimbangkan dinding galeri atau karya seni besar sebagai gantinya.

Meskipun ini bukan pembagi arsitektural, namun jelas akan memisahkan kamar tidur. Anda juga bisa mengecat beberapa furnitur agar serasi, ini ideal jika Anda menyukai estetika yang lebih maksimal.

Memiliki karpet dengan warna pilihan Anda adalah cara lainnya untuk menggunakan setiap sudut untuk menciptakan kamar tidur di apartemen studio.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/08/160325876/cara-menciptakan-kamar-tidur-di-apartemen-studio

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke