Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amankah Menggunakan Air Kulit Pisang untuk Menyiram Tanaman?

Tak heran, apabila "orang tua" tanaman selalu mencari hal hebat berikutnya yang akan membantu tanaman, baik di dalam maupun luar ruangan, tumbuh lebih sehat. 

Beberapa tahun lalu, para pencinta tanaman sangat antusias dengan berita tentang manfaat menggunakan bubuk kopi dan cangkang telur menyuburkan serta menyehatkan tanaman.

Baru-baru ini, para tukang kebun rumahan menemukan produk DIY baru yang juga menjanjikan bagi tanaman, yakni air kulit pisang. 

Stephanie Stephenson, penulis Rose Gardening, menjelaskan tren ini sebagian besar disebabkan fakta bahwa membuat air kulit pisang yang mudah dilakukan di rumah. 

Belum lagi, air kulit pisang menjadi pupuk alami untuk tanaman. Hal ini karena pisang kaya akan kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Kombinasi ini dapat merangsang serta bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.  

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut sejumlah hal tentang air kulit pisang, dari manfaat hingga tanaman yang boleh disiram dengan larutan ini, dikutip dari Reader's Digest, Kamis (20/7/2023).

Merendam kulit pisang akan melepaskan nutrisi penting di dalamnya, seperti kalium dan kalsium ke dalam air, yang menciptakan pupuk cair buatan sendiri yang murah.

Apakah air kulit pisang bekerja?

Beberapa tukang kebun mengatakan air kulit pisang bekerja untuk tanaman, tetapi saat ini tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan air kulit pisang benar-benar mengandung cukup kalium untuk membuat perbedaan bagi tanaman.

Hal ini bukan berarti air kulit pisang tidak berfungsi. Mungkin hanya perlu dipelajari lebih lanjut. Namun, alasan di balik penggunaan air kulit pisang untuk tanaman adalah masuk akal. 

Hal ini lantaran pisang mengandung banyak kalium yang merupakan makronutrien penting untuk mendorong pertumbuhan tanaman, memperkuat batang, serta membantu tanaman lebih tahan terhadap kekeringan dan hama. 

Kulit pisang perlu diurai untuk melepaskan nutrisi dalam bentuk yang dapat digunakan tanaman (seperti halnya kompos).

Sebuah studi yang dilakukan Makerere University College, Uganda, menunjukkan membuat air pisang dengan kulit pisang yang telah direbus merupakan cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kadar kalium, tapi penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk hal itu. 

Yang pasti, banyak tukang kebun rumahan bersikeras bahwa mereka melihat perbedaan pada tanaman setelah menyiram tanaman dengan air kulit pisang.

Aster W. Green, penulis Companion Planting in Raised Bed Gardens, mencatat paling tidak, menggunakan air kuli pisang untuk tanaman adalah cara organik meningkatkan permainan penyiraman dan menjauhi penggunaaan pupuk sintetis yang mahal.   

Namun, pisang yang ditanam secara konvensional sering disemprot dengan pestisida sintetis. Jadi, Anda mungkin tidak ingin menggunakan air pisang pada tanaman pangan jika memelihara kebun organik.

Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan air kulit pisang daripisang organik.

Penting dicatat, meski mengandung beberapa nutrisi penting, air kulit pisang tidak menyediakan semua yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Mengandalkan air kulit pisang sebagai satu-satunya sumber pupuk dapat menyebabkan tanaman tumbuh kerdil, daun menguning, dan tanda-tanda kekurangan nutrisi lainnya.

Untuk menghindarinya, gunakan air kulit pisang bersama dengan produk organik lainnya, seperti kompos atau pupuk. 

Tanaman apa saja yang menyukai air kulit pisang?

Air kulit pisang dapat digunakan pada tanaman apa saja di kebun atau koleksi tanaman hias Anda. Meski penelitian yang lebih formal diperlukan untuk menentukan seberapa efektif air pisang, tapi ini tidak akan membahayakan tanaman tersebut.

Kalium ekstra sangat bermanfaat bagi tanaman berbuah dan berbunga meski semua tanaman dapat memperoleh manfaat dari sedikit tambahan kalium.

Stephenson mengatakan ada beberapa tanaman yang bisa mendapat penyiraman dengan air kulit pisang, termasuk tanaman tomat, paprika, mawar, anggrek, sukulen, pakis staghorn, air plant, dan pohon pisang. 

Ia mengatakan air kulit pisang berguna mencegah pembusukan ujung mekar pada tomat, yaitu ketika bagian bawah tomat mulai berubah warna menjadi coklat.

"Magnesium akan membantu bunga dan tanaman dalam proses fotosintesis, membantu tanaman berbuah atau berbunga lebih mudah," imbuh Stephenson.  

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/20/152743476/amankah-menggunakan-air-kulit-pisang-untuk-menyiram-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke