Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Menata Isi Kulkas Mini agar Tetap Teratur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas yang tertata dengan baik akan membuat Anda lebih mudah menemukan bahan yang Anda butuhkan. Selain itu, hal ini juga mencegah pemborosan bahan makanan. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kulkas agar tetap terorganisasi.

Pada ruangan kecil, kulkas mini atau kecil menjadi salah satu pilihan untuk menghemat ruang dapur. Dengan ruang yang lebih terbatas, mengatur isi kulkas tersebut dapat menghadirkan tantangan tersendiri.

Dilansir Real Homes, Rabu (28/6/2023), berikut ini sejumlah tips untuk menata kulkas mini agar tetap teratur.

1. Menggunakan wadah penyimpanan hemat ruang

Terdapat berbagai pilihan wadah penyimpanan yang tersedia di pasaran. Namun, perlu diingat bahwa banyak di antaranya dirancang agar muat di lemari es berukuran standar.

Dengan berinvestasi pada wadah penyimpanan yang ditujukan untuk ruang yang lebih kecil atau kulkas mini, Anda dapat menyimpan bahan makanan dengan lebih baik.

Lakukan pengukuran ruang di antara setiap rak untuk menemukan opsi ketinggian yang tepat guna memaksimalkan ruang vertikal pada rak.

Dalam mencari wadah penyimpanan terabaik, pertimbangkan wadah yang diklaim dapat membuat sayuran dan buah-buahan Anda bertahan lebih lama.

Wadah penyimpanan yang tahan kebocoran juga dapat membantu menjaga kebersihan ruangan dan makanan Anda agar tidak terkontaminasi.

2. Sekat-sekat

Pada kulkas kecil, membagi barang ke dalam wadah terkadang tidak akan banyak membantu mencapai tata letak yang lebih rapi. Alih-alih mengurangi ruang dengan menggunakan wadah, pertimbangkan untuk menggunakan pembatas.

Pembatas akan membantu menciptakan pengaturan yang terbagi-bagi tanpa mengorbankan ruang.

Banyak pembatas yang dapat disesuaikan, mencegah barang bergeser dan memungkinkan Anda untuk menyimpan barang dengan cara dikelompokkan untuk visibilitas yang lebih baik.

3. Menghindari 'jebakan' estetika

Dengan banyaknya pilihan wadah penyimpanan, bisa jadi Anda salah memilih saat mencari jenis wadah yang tepat.

Daripada membeli wadah dengan tampilan trendi atau warna favorit Anda, lebih baik berinvestasi pada wadah yang berfungsi sesuai kebutuhan, termasuk menemukan wadah yang jernih untuk visibilitas yang lebih baik atau tinggi dan lebar yang tepat untuk lemari es Anda.

4. Beri label

Jika Anda pernah bertanya-tanya tentang tanggal kedaluwarsa makanan di kulkas Anda, atau lupa tanggal menyimpan makanan sisa, memberi label merupakan cara yang tepat untuk meminimalkan limbah makanan di rumah Anda.


Hal ini pentng untuk menghemat ruang di kulkas yang kecil. Pemberian label pada wadah memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengidentifikasi bahan makanan Anda.

5. Mengatur barang berdasarkan jenis

Mengatur barang berdasarkan jenis atau kategori membuat semuanya lebih mudah ditemukan, sehingga Anda tidak akan membuat kesalahan dengan membeli barang yang sama dua kali.

6. Masuk pertama, keluar pertama

Metode 'masuk pertama, keluar pertama' akan merotasi produk yang mudah rusak di lemari es Anda sehingga Anda selalu memilih untuk mengambil produk yang akan kedaluwarsa terlebih dahulu. Dengan memberi label pada makanan, Anda juga bisa mengurangi jumlah makanan yang terbuang saat menyiapkan makanan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/29/073100776/6-tips-menata-isi-kulkas-mini-agar-tetap-teratur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke