Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Cara Menciptakan Privasi jika Pakai Pintu Kaca di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu kaca adalah cara mudah untuk menghadirkan cahaya tambahan ke dalam ruangan jika Anda tidak memiliki banyak ruang untuk jendela. Namun, memasang kaca dari lantai ke langit-langit memiliki beberapa kekurangan saat menciptakan nuansa intim di riangan.

Banyak orang yang pindah ke rumah dengan pintu kaca yang ada khawatir akan kemungkinan pencurian yang meningkat, tetapi untungnya, pilihan desain ini tidak berdampak langsung pada kemungkinan pembobolan.

Meski begitu, dilansir House Digest, Selasa (27/6/2023), pintu kaca masih bisa membuat Anda sedikit tidak nyaman jika Anda merasa memberi tetangga pandangan pertama ke bagian dalam rumah.

Solusi untuk masalah ini terutama terletak pada aksesoris jendela klasik yang masih dapat berfungsi di dalam dan di sekitar pintu.

Tirai, gorden, dan kaca film tertentu lebih cocok untuk tujuan ini daripada yang lain. Namun, ada banyak pilihan yang tersedia di pasaran untuk menciptakan privasi jika Anda menggunakan pintu kaca.

Berikut beberapa cara menciptakan privasi jika Anda menggunakan pintu kaca di rumah.

1. Pertimbangkan penggunaan kaca buram

Opsi pertama ini adalah salah satu solusi paling sederhana. Pertimbangkan kaca buram daripada pilihan kaca bening biasa.

Kaca buram adalah jenis kaca yang telah diolah dengan asam atau sandblasting. Teksturisasi ini menciptakan sejumlah besar goresan kecil di permukaan, yang mengaburkan gambar di belakangnya dan menciptakan kesan yang lebih pribadi sambil tetap membiarkan cahaya masuk.

Kaca buram adalah pilihan tepat untuk area di mana Anda tidak memiliki kemampuan memasang gorden, ingin menciptakan tampilan minimalis, atau menginginkan lebih banyak privasi sepanjang hari.

Kelemahannya adalah Anda tidak dapat mencopotnya ini jika Anda ingin melihat ke luar, tetapi ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk area seperti kamar mandi di mana Anda ingin secara konsisten menghindari perasaan terbuka.

2. Cobalah kaca film

Jika Anda menyukai gagasan tentang sesuatu yang lebih permanen dan sederhana seperti kaca buram, tetapi Anda tidak dapat sepenuhnya menukar kaca yang ada, pertimbangkan untuk melihat kaca film.

Kaca film pada dasarnya berfungsi seperti mewarnai jendela mobil atau memasang pelindung layar di ponsel Anda.

Selembar plastik tipis dilapisi di atas kaca yang ada, memungkinkan Anda untuk sedikit atau sepenuhnya mengaburkan gambar di belakangnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kaca film semakin populer, dan akibatnya, jumlah opsi yang tersedia semakin banyak.

Film reflektif satu arah adalah opsi klasik yang memungkinkan Anda untuk melihat keluar tetapi tidak memungkinkan orang di luar ruangan untuk melihat ke dalam, tetapi ada juga opsi kaca patri palsu, kaleidoskopik, dan kaca bertekstur. Jenis ini juga biasanya lebih hemat biaya.

Namun, dibutuhkan sedikit kemahiran untuk memasang sendiri dengan benar tanpa membuat gelembung atau celah apa pun pada hasil akhir.

3. Pasang gorden

Terkadang, solusi paling sederhana juga merupakan solusi terbaik. Gorden atau tirai adalah salah satu opsi yang paling mudah dipasang dan paling fleksibel.

Pasang batang gorden yang memanjang sedikit melewati pintu kaca, lalu mulai pilih gorden yang sempurna untuk ruangan.

Ruang ekstra ini akan memungkinkan Anda mengakses gagang pintu dan kunci saat gorden terbuka tetapi masih menyembunyikan seluruh pintu untuk menghalangi cahaya dan menciptakan lebih banyak privasi saat ditutup.

Gorden adalah pilihan yang sempurna jika Anda memiliki pintu kaca di kamar tidur.

Tubuh kita berjalan dengan ritme sirkadian alami yang mengikuti matahari, jadi cahaya berlebih di pagi hari atau lampu mobil yang melintas di malam hari dapat mengganggu tidur.

Gorden dapat membantu mengurangi dampak cahaya ini. Meski demikian, tirai anti tembus pandang dapat sepenuhnya memblokirnya, memungkinkan Anda untuk beristirahat lebih dalam dan mengurangi efek negatif dari kurang tidur atau insomnia.

4. Gunakan vertical blind

Vertical blind adalah salah satu jenis perawatan jendela yang paling umum karena suatu alasan. Jenis tirai ini sederhana, tidak memakan banyak ruang, dan dapat ditarik sepenuhnya ke belakang untuk menampilkan seluruh tampilan dari jendela.

Masalahnya, bilah vertical blind keras, seringkali tipis, dan terkenal sering patah atau tersangkut di rel pintu kaca geser.

Untuk mengatasi hal ini, pertimbangkan untuk mengganti bilah yang ada dengan sesuatu yang sedikit lebih kokoh, seperti opsi yang dilapisi kain.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan fungsionalitas yang sama dan pemasangan yang mudah tanpa kerusakan dan kebisingan yang mengganggu.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/27/192000476/ragam-cara-menciptakan-privasi-jika-pakai-pintu-kaca-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke