Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan, Ini 7 Tempat Kuman Bersembunyi di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah secara teratur penting dilakukan agar rumah tetap nyaman dan sehat untuk ditinggali. Namun, tak jarang terdapat area berkuman yang terlewatkan saat pembersihan.

Agar lingkungan rumah tetap bersih dan higienis, penting untuk mengetahui tempat bersembunyi di tempat tinggal Anda.

Dilansir Better Bond Cleaning, Senin (5/6/2023), berikut ini 7 tempat kuman bersembunyi di rumah.

1. Gagang pintu dan kenop peralatan dapur

Gagang pintu dan kenop peralatan dapur seperti microwave, kulkas, dan kompor merupakan permukaan yang sering disentuh.

Setiap kali Anda menyentuh permukaan tersebut, Anda berpotensi meninggalkan kuman dan bakteri. Kuman juga dapat berpindah dari permukaan tersebut ke tangan.

Area-area tersebut terkadang terlupakan saat pembersihan rutin. Untuk memastikan lingkungan rumah tetap sehat, pastikan Anda mendisinfeksi gagang pintu dan kenop peralatan setiap hari.

Anda dapat menyeka area tersebut menggunakan tisu disinfektan. Bersihkan debu menggunakan kain mikrofiber bersih sebelum membasmi kuman dan bakteri.

2. Talenan

Talenan digunakan untuk mengolah berbagai macam bahan makanan, mulai dari sayuran hijau hingga daging dan ikan mentah. Hal ini membuat barang tersebut mudah mengumpulkan bakteri.

Alih-alih menggunakan satu talenan untuk semua makanan, gunakan talenan dengan kode warna untuk sayuran dan daging mentah guna menghindari kontaminasi silang. Selain itu, lakukan disinfeksi setiap kali selesai menggunakannya.

Gunakan cuka putih untuk menghilangkan noda membandel pada talenan Anda. Anda jugad apat menggosokkan potongan lemon untuk membunuh bakteri yang tersembunyi.

Hal ini juga akan menghilangkan bau tak sedap tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.

3. Meja dapur

Tumpahan kopi, jus, cipratan minyak, dan noda membandel di meja dapur harus dibersihkan secepat mungkin. Kuman bersembunyi di permukaan yang kotor.

Sebaiknya bersihkan dan disinfeksi permukaan meja dengan menggunakan detergen ringan dan air panas. Pastikan Anda mengelapnya setelah menyiapkan makanan setiap hari utuk menghindari noda membandel.

4. Sakelar lampu

Jangan lupa untuk membersihkan dan mendisinfeksi sakelar karena kuman dapat menyebar dengan cepat dari permukaan ini. Gunakan tisu disinfektan untuk membersihkannya.

Anda juga dapat menyiapkan pembersih alami di rumah dengan menggunakan cuka putih dan air panas untuk menghilangkan noda membandel, minyak, dan kotoran dari berbagai permukaan.

5. Mainan dan mangkuk hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, pastikan untuk mencuci mainan berbahan dasar kain dan membersihkan mainan karet dengan disinfektan.


Selain itu, jaga kebersihan mangkuk hewan peliharaan Anda. Bersihkan dengan air panas dan sabun seminggu sekali untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

6. Dudukan sikat gigi

Dudukan sikat gigi merupakan salah satu area kotor di kamar mandi. Benda tersebut tak jarang terlewatkan saat pembersihan.

Jangan lupa untuk membersihkannya sekali atau dua kali seminggu dengan membilasnya menggunakan air sabun panas.

7. Remote control

Remote control merupakan salah satu benda yang paling sering disentuh dan mengandung banyak bakteri. Bersihkan setiap hari untuk menyingkirkan mikroba dan mencegah penyebaran kuman. Anda dapat menggunakan tisu disinfektan berbasis alkohol untuk membersihkannya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/05/103000476/perhatikan-ini-7-tempat-kuman-bersembunyi-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke