Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Mendekorasi Ruangan agar Nyaman dan Menenangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tempat tinggal, rumah perlu dibuat senyaman mungkin. Salah satu cara untuk membuat rumah terasa nyaman adalah dengan menghadirkan suasana yang tenang.

Dengan begitu, Anda bisa beristirahat dari aktivitas yang melelahkan dengan nyaman. Terdapat berbagai dekorasi yang bisa Anda pilih untuk diterapkan pada ruangan-ruangan Anda di rumah.

Berikut ini tips mendekorasi ruangan agar nyaman dan menenangkan, dilansir Roohome, Sabtu (3/6/2023).

1. Letakkan bean bag di sudut ruangan

Sudut ruangan sering kali menjadi tempat yang terabaikan dan dibiarkan kosong. Padahal, sudut ruangan bisa dimanfaatkan sebagai tempat yang nyaman dan tenang untuk bersantai dan menenangkan pikiran.

Dengan meletakkan bean bag di sudut ruangan, Anda bisa duduk dan beristirahat dengan nyaman. Sebelum meletakkan bean bag, pastikan Anda menggelar karpet di lantai.

Hal ini akan sangat membantu membuat kaki Anda lebih nyaman saat duduk di atas bean bag.

2. Hijaukan ruangan dengan tanaman berukuran sedang

Salah satu cara untuk menciptakan ruangan yang tenang adalah dengan membawa elemen alami ke dalam ruangan. Mulailah dengan menjadikan pencahayaan alami sebagai penerangan utama ruangan.

Selanjutnya, hadirkan elemen lain berupa tanaman. Kehadiran tanaman tidak hanya memberikan ketenangan tapi juga menyegarkan ruangan.

Anda dapat memilih tanaman dalam ruangan yang dapat menyerap zat-zat berbahaya di udara. Dengan begitu, kebersihan udara di dalam ruangan dapat terjaga dengan baik.

Anda tidak perlu menggunakan tanaman dengan ukuran besar untuk memberikan kesegaran dan kehijauan di dalam ruangan. Anda bisa memilih tanaman dengan ukuran sedang untuk mengisi sudut ruangan.

Agar terlihat menonjol, Anda bisa menggunakan meja kecil dengan kaki yang panjang untuk meletakkan tanaman.

3. Letakkan kursi ayun di ruang tamu

Ruang tamu biasanya didekorasi dengan sofa, meja kopi, meja TV, dan karpet. Untuk menambah nilai estetika dan kenyamanan, Anda dapat menambahkan kursi ayun.

Kursi ayun cocok diletakkan di sudut ruangan. Namun, jika sudut ruangan sudah terisi penuh dengan barang-barang lain, Anda bisa meletakkannya di sisi lain ruangan.

Kursi ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai. Beristirahat di kursi ayun akan membuat Anda merasa lebih tenang.

4. Pasang hammock sebagai tempat bersantai

Dengan hammock atau tempat tidur gantung, Anda dapat memiliki tempat yang nyaman untuk bersantai.

Pilih area kosong di rumah yang mendapat pencahayaan alami sehingga Anda bisa merasakan sedikit susasana alami.


Anda dapat membuatnya terasa lebih nyaman dengan meletakkan bantal atau selimut. Pada area lantai, Anda bisa meletakkan karpet rotan dengan bentuk yang menarik.

5. Kombinasikan warna krem dan putih

Pemilihan warna merupakan kunci dari suasana dan tampilan kamar. Untuk membuat kamar tidur terasa tenang, Anda bisa memadukan beberapa warna netral.

Warna putih dan krem alias beige adalah dua warna yang bisa Anda pilih untuk mendekorasi kamar tidur Anda.

Warna putih membuat kamar tidur terlihat cerah alami. Ciptakan tampilan alami dengan menerangi kamar dengan sinar matahari.

Kehadiran warna krem di kamar memberikan efek lembut, hangat, dan tenang. Anda bisa bermain dengan material alami dalam menghadirkan warna krem pada kamar, seperti karpet rotan untuk lantai, pot rotan untuk tanaman dan sebagainya.

6. Pasang rak apung di dapur untuk memajang barang berdesain vintage

Desain vintage memiliki warna-warna yang lembut. Karena itu, tampilan ruangan bergaya vintage cenderung lembut dan memiliki suasana yang tenang.

Jangan menyimpan peralatan dapur dengan desain vintage di dalam lemari dapur. Anda bisa memanfaatkannya sebagai hiasan untuk menambah nilai estetika di dapur. Memajang barang-barang tersebut di rak apung akan menghadirkan suasana lembut dan tenang di dapur.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/03/115800376/6-tips-mendekorasi-ruangan-agar-nyaman-dan-menenangkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke